Jakarta (ANTARA News) - Kepala Sub-Direktorat Partai Politik (Parpol) Kemenkumham Baroto meraih gelar ilmu hukum di Universitas Trisakti, Jakarta, Sabtu (27/8).

Dalam keterangan persnya, disebutkan Baroto mengambil desertasi tentang persoalan konflik partai politik dalam sidang terbuka ujian promosi doktor di FH-Universitas Trisakti dengan promotor Prof Dr Abdullah Sulaiman, SH, MH dan co promotor Prof Dr Eriyantouw Wahid, SH, MH.

Beberapa materi penting dalam desertasi itu, pertama, konstruksi hukum dan implementasi penyelesaian sengketa internal parpol dipengaruhi politik hukum yang ada, baik masa sebelum reformasi maupun sesudah reformasi.

Kedua, pada masa sebelum reformasi parpol lebih kuat difungsikan sebagai alat penguasa sehingga dalam peraturan perundangan tidak diatur mekanisme penyelesaian internal. Sangat rentan potensi intervensi dan campur tangan penguasa.

Ketiga, pada era setelah reformasi mekanisme penyelesaian diatur dengan jelas. Pengaturan dalam perundang-undangan mengalami perkembangan, pd awalnya secara musyawarah mufakat, kemudian melalui peradilan sampai yang terakhir munculnya lembaga mahkamah partai.

Keempat, permasalahan penyelesaian sengketa internal parpol saat ini lebih disebabkan beberapa faktor antara lain regulasi yang masih kurang tegas dan multitafsir, penguatan kelembagaan partai itu sendiri dan jurisdiksi lembaga peradilan yang menangani konflik partai.

Selain itu, dalam disertai juga dibahas lahirnya lembaga mahkamah partai, secara internal belum maksimal mampu melahirkan putusan yang dihormati para pihak dan mampu menyelesaikan persoalan.

Baroto adalah seorang akademisi dan praktisi yang mendedikasikannya dirinya untuk peningkatan demokrasi yang berkualitas melalui pembinaan parpol yang kuat, disiplin, taat konstitusi, dan berpihak terhadap rakyat.

Baroto adalah seorang birokrat yang menjabat sebagai Kasubdit Parpol di Kemenkumham. Ia selalu berkutat dengan persoalan konflik partai dengan berbagai latarbelakang persoalan.

Atas dasar pengalaman itulah sebagai seorang akademisi disertasinya ini menjadi kontribusi penting untuk menyelesaikan konflik dan perpecahan internal partai yang sering melanda parpol-parpol di Tanah Air.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016