Jakarta (ANTARA News) - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) akan menggelar orasi kebangsaan sekaligus peluncuran buku berjudul "Dari Bulaksumur Untuk Indonesia" pada 28 Agustus 2016 di Auditorium (Gedung H) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang terletak di Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Kagama Ari Dwipayana dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan orasi kebangsaan akan disampaikan oleh Ketua Kagama Ganjar Pranowo.

Ganjar yang juga menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu akan menyampaikan Orasi Kebangsaan bertajuk "Kerja Nyata Untuk Negeri" yang memuat sejumlah pesan termasuk butir pemikiran Kagama untuk wujudkan Indonesia sebagai bangsa pemenang.

"Selain itu, Kagama ingin mengajak semua alumni perguruan tinggi untuk bersinergi, bergotong royong serta bekerja nyata untuk rakyat, bangsa, dan negara," ujar Ari Dwipayana.

Ari menambahkan Kagama menggelar acara ini sebagai momentum bersama bagi semua alumni perguruan tinggi, apapun universitasnya, dimanapun berada, apapun profesinya untuk tetap berkarya untuk bangsa, tetap berprestasi menjadi yang terbaik di bidangnya masing-masing sehingga bangsa Indonesia bisa berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Kagama juga selalu mengingatkan agar para alumni tidak melupakan rakyat dan negerinya sehingga selalu mengakarkan diri kepada rakyat dengan bekerja nyata untuk negeri.

Ari berharap acara ini dapat menjadi jembatan persatuan antar alumni, jembatan pemikiran, dan jembatan untuk berkarya nyata sehingga semakin besar kontribusi bisa diberikan kepada bangsa.

"Sehingga cita-cita menuju Indonesia sebagi bangsa pemenang bisa segera terwujud," katanya.

Selain orasi kebangsaan dan peluncuran buku, acara juga akan dirangkai dengan talkshow dan diselenggarakan oleh Kagama bekerja sama dengan Perhimpunan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Seluruh Indonesia.

Kegiatan itu akan dilaksanakan pada Minggu, 28 Agustus 2016, pukul 18.00 WIB di Auditorium (Gedung H) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang terletak di Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Acara itu juga digelar sebagai rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia.

Buku yang diluncurkan dalam acara itu yakni "Dari Bulaksumur Untuk Indonesia" berisi kumpulan pemikiran insan Universitas Gadjah Mada dan Kagama untuk kemajuan Indonesia.

Pemikiran yang disarikan dalam buku ini diambil dari serial diskusi bulanan "Teras Kita", yang diselenggarakan PP Kagama, Harian Kompas, serta disiarkan di Radio Sonora.

Sedanngkan talkshow yang juga digelar dalam acara itu bertajuk "Inspirasi Anak Negeri" menghadirkan Nur Agis Aulia (Petani yang Merdeka), Kartamali (Kepala Desa Online), dan Tim Mahasiswa IPB (Inovasi Gucakusi).

"Melalui narasumber yang ditampilkan, Kagama ingin memberikan apresiasi dan sekaligus mendapatkan inspirasi dari putera puteri terbaik bangsa agar ke depan sebagai bangsa kita tetap optimistis meraih kemajuan. Karya nyata yang ditunjukan oleh narasumber meyakinkan Kagama bahwa banyak inovasi, karya, dan prestasi yang telah dilakukan anak bangsa untuk negerinya," katanya.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016