Manchester (ANTARA News) - Claudio Bravo belum dapat membuat debut dengan menjaga gawang Manchester City, di tengah gunjang-ganjing warta mengenai keberadaan Joe Hart di skuat berjuluk the Citizens.

Ini artinya Willy Caballero kembali mendapat kepercayaan dari manajer Pep Guardiola ketika Manchester City menjamu West Ham dalam laga Liga Inggris yang digelar di Etihad Stadium, Manchester, pada Minggu petang, atau Minggu malam, pukul 22.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Guardiola masih perlu memutar otak dalam menyusun komposisi pemain, mengingat Vincent Kompany, Ilkay Gundogan dan Leroy Sane belum fit seratus persen turun berlaga di hadapan publik sendiri.

Situasi City cenderung runyam ketika Kelechi Iheanacho dibekap cedera kaki ketika bertanding melawan Steaua Bucuresti pada Rabu pekan ini.

Di kubu West Ham, Andre Ayew, Diafra Sakho, Andy Carroll dan Aaron Creswell masih absen dalam waktu yang panjang. Sementara Sofiane Feghouli juga dibekap cedera selama sepekan ke depan.

Tidak perlu berkecil hati, manajer West Ham Slaven Bilic mempunyai Manuel Lanzini atau Dimitri Payet yang siap bertanding pada laga pekan ini.

Kalau saja skenario di atas tertunda maka Bilic perlu siap-siap menerima kekecewaan demi kekecewaan bagi the Hammers selama melakoni laga musim kompetisi 2016/17.

Komentar manajer:

* Pep Guardiola (Manchester City):

"Saya tidak akan menolak hasil undian Liga Champions. Saya besar d Katalunya. Saya berusia 13 tahun ketika saya masuk akademi dan berlatih bersama mereka dan dipromosikan sebagai pemain profesional."

"Saya melewati masa-masa hidup di sana. Saya tahu persis masyarakat di sana, saya tahu banyak pemain yang masih berada dan bermain di sana. Hanya saja, seluruh hati dan perhatian saya sekarang berada di sini."

*Slaven Bilic (West Ham):
"Kami sungguh kecewa karena menerima kekalahan telak (sehingga terlempar dari Liga Eropa). Kami harus bangkit dan memotivasi diri dengan meningkatkan kualitas permainan."

"Tidak ada alasan juga untuk berkecil hati setelah melihat hasil di musim lalu, terlebih ketika melawan Manchester City. Kami tertantang meraih hasil baik di musim ini."

Prakiraan susunan pemain:

* Manchester City (4-1-4-1):

Caballero (penjaga gawang), Kolarov, Otamendi, Stones, Sagna, Nolito, Silva, Fernandinho, Bruyne, Sterling, Aguero

* West Ham (4-2-3-1):  
Adrian (penjaga gawang), Byram, Reid, Collins, Masuaku, Kouyate, Noble, Tore, Payet, Antonio, Calleri

Data dan fakta (Opta Facts):

* Manchester City hanya menelan sekali kekalahan dalam 10 laga kandang melawan West Ham di ajang Liga Inggris (delapan menang, sekali imbang).
* West Ham meraih dua kali kemenangan melawan Manchester city dalam laga tandang di ajang Liga Inggris (dua imbang, sebelas kalah). 1-0 di Maine Road pada 2003 dan 2-1 di Etihad Stadium pada 2015.
* Sergio berperan krusial dalam delapan gol dalam tujuh laga terakhir melawan West Ham di ajang Liga Inggris (enam gol dan dua assist).
* Aguero mengoleksi 37 gol dalam 47 pertandingan Liga Innggris melawan tim-tim asal London dan enam dalam delapan penampilan melawan west Ham.
* Striker berkebangsaan Argentina itu menjadi pemain keempat yang mampu mencetak gol dari tendangan penalti dalam dua laga di musim kompetisi Liga Inggris.
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Manchester City: W W W W L

24/8/16 Manchester City 1 - 0 Steaua Bucureşti
20/8/16 Stoke City 1 - 4 Manchester City
16/8/16 Steaua Bucureşti 0 - 5 Manchester City
13/8/16 Manchester City 2 - 1 Sunderland
7/8/16 Arsenal 3 - 2 Manchester City

* West Ham United: L W D L L
25/8/16 West Ham 0 - 1 Astra
21/8/16 West Ham 1 - 0 Bournemouth
18/8/16 Astra 1 - 1 West Ham
15/8/16 Chelsea 2 - 1 West Ham
7/8/16 West Ham 2 - 3 Juventus

Head To Head:
23/1/16 West Ham 2 - 2 Manchester City
19/9/15 Manchester City 1 - 2 West Ham
19/4/15 Manchester City 2 - 0 West Ham
25/10/14 West Ham 2 - 1 Manchester City
11/5/14 Manchester City 2 - 0 West Ham

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Manchester City 3 - 0 West Ham (13 persen)
* Manchester City 3 - 1 West Ham (11 persen)
* Manchester City 2 - 1 West Ham (11 persen)

Prediksi Man of the Match (Whoscored):
1.Sergio Agüero (50 persen)
2.Mark Noble (12,5 persen)
3.Nicolás Otamendi (12,5 persen)
4.Leroy Sané (12,5 persen)
5.Kevin De Bruyne (12,5 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Manchester City terus menunjukkan grafik penampilan yang menjanjikan sejak ditangani Pep Guardiola. Ia bersikap tenang merespons warta simpang siur mengenai Joe Hart.
* West Ham belun meraih hasil gemilang ketika mengawali musim kompetisi ini, lantaran terkendala banyaknya pemain kunci yang dibekap cedera.
* The Hammers juga mengalami paceklik striker. Ini yang menyulitkan West Ham berbuat banyak melawan tim-tim tangguh antara lain Manchester City.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Manchester City: 3
* West Ham: 0

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016