Produk kapal paralon sebagai momentum untuk mengembalikan kejayaan sektor maritim Pekalongan. Kapal paralon ini juga kali pertama dikembangkan di Indonesia."
Pekalongan (ANTARA News) - PT Barokah Marine Kota Pekalongan, Jawa Tengah, siap meluncurkan produk kapal paralon yang berfungsi untuk mengangkut hasil tangkapan ikan nelayan.

Komisaris Utama PT Barokah Marine, Agus Tri Harsito di Pekalongan, Sabtu, mengatakan bahwa kapal paralon itu siap dioperasikan pada 1 September 2016 setelah mendapat sertifikasi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"Sertifikasi kapal paralon ini kami peroleh dari BPPT pada pertengahan Agustus 2016 dan siap diluncurkan 1 September mendatang," katanya.

Menurut dia, kapal paralon itu mampu mengangkut enam ton ikan tanpa menggunakan "freezer" dan mampu beroperasi selama tujuh hari di laut.

"Kapal paralon yang diproduksi oleh putra Pekalongan ini juga sebagai upaya membangkitkan kembali sejarah Pekalongan sebagai kota maritim di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan keunggulan kapal yang terbuat dari pipa paralon itu antara lain memiliki efisiensi yang lebih baik, stabil dan irit bahan bakar sehingga relatif banyak diminati oleh para nelayan.

"Produk kapal paralon sebagai momentum untuk mengembalikan kejayaan sektor maritim Pekalongan. Kapal paralon ini juga kali pertama dikembangkan di Indonesia," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016