Kami terus membangun landasan bersama dan konsensus baru untuk menstabilkan pasar minyak, memperkuat industri, memperkuat OPEC
Caracas, Venezuela (ANTARA News) - Venezuela dan Iran terus berusaha mencapai konsensus mengenai cara menstabilkan pasar minyak dan memperkuat OPEC, kata Presiden Venezuela Nicolas Maduro seperti dikutip Reuters, Sabtu waktu setempat, menyusul pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif.

"Kami terus membangun landasan bersama dan konsensus baru untuk menstabilkan pasar minyak, memperkuat industri, memperkuat OPEC," kata Maduro.

Dia mengatakan menteri perminyakan dan menteri luar negeri Venezuela akan menyampaikan pengumuman dalam beberapa pekan ke depan, namun tidak mengungkapkan rincian dari aksi bersama kedua negara.

Zarif tiba di Venezuela setelah mengunjungi negara-negara Amerika Latin lainnya termasuk Bolivia dan Ekuador.

Sejak jatuhnya harga minyak pada 2014, Venezuela berusaha mendapatkan dukungan negara-negara OPEC dan non-OPEC dalam menaikkan harga minyak dengan cara membatasi produksi.

Sebaliknya OPEC justru fokus memperkuat pangsa pasar di mana produsen minyak terbesar Arab Saudi tidak berminat mengurangi produksi seperti diinginkan Venezuela.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016