Spa-Francorchamps (ANTARA News) - Grand Prix Formula 1 Belgia dihentikan untuk sementara pada Minggu, setelah kecelakaan dengan kecepatan tinggi yang melibatkan pebalap Renault Kevin Magnussen.

Pebalap Denmark itu kehilangan kendali mobilnya ketika ia mencapai puncak tanjakan di tikungan Eau Rouge, dan mobilnya menghantam pembatas dengan keras.

Magnussen, yang start dari posisi ke-12 di grid, muncul tanpa terluka namun sedikit pincang dari kecelakaan yang merusak pagar pembatas dari ban yang berada di samping trek.

Para ofisial awalnya menurunkan "safety car" ketika para petugas bekerja untuk memperbaiki pagar pembatas, namun dengan banyaknya perbaikan yang perlu dilakukan, mereka kemudian memutuskan untuk mengibarkan bendera merah.

Balapan dijadwalkan akan dilanjutkan pada pukul 14.41 (12.41 GMT) waktu setempat.

Pemuncak klasemen yang membela Mercedes Nico Rosberg sedang memimpin ketika balapan dihentikan dengan sembilan dari 44 putaran telah diselesaikan.

Daniel Ricciardo berada di urutan kedua untuk Red Bull setelah start yang berlangsung "chaos," di mana Max Verstappen, yang menghuni posisi kedua di grid, dan dua pebalap Ferrari yakni Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel bertubrukan pada tikungan pertama.

Lewis Hamilton, yang mengawali balapan di baris belakang setelah terkena penalti 55 grid terkait pemasangan mesin, menduduki urutan kelima.

Hamilton unggul 19 angka atas rekan setimnya Rosberg di klasemen keseluruhan, memenangi enam dari tujuh balapan terakhir. Ia bersiap untuk menjadi pebalap ketiga yang mencatatkan 50 kemenangan sepanjang kariernya, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016