Jember (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghadiri puncak wisata karnaval kelas dunia "Jember Fashion Carnaval" (JFC) yang digelar di alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu sore.

Susi bersama Bupati Jember Faida dan Presiden JFC Dynand Fariz berjalan di "catwalk" sambil melambaikan tangan kepada para penonton yang memenuhi kursi di depan halaman Kantor Pemkab Jember, bahkan menteri itu menyempatkan diri untuk memotret ratusan fotografer yang berada di tribun.

"Kegiatan Jember Fashion Carnaval menjadi kebanggaan bagi masyarakat Jember karena sudah dikenal luas di dunia," kata Bupati Faida dalam sambutannya di puncak JFC ke-15 di Jalan Sudarman Pemkab Jember.

Bupati perempuan pertama di Jember itu juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden JFC Dynand Fariz yang membuat industri kreatif wisata karnaval di Jember, sehingga banyak wisatawan asing dan domestik yang berkunjung ke Kabupaten Jember.

"Saya bangga JFC mengangkat budaya lokal dan nasional karena dengan seni budaya, hidup akan lebih indah. Saya ucapkan sukses untuk Dynand Fariz," katanya.

Selain Menteri Kelautan dan Perikanan, keluarga artis Anang Hermansyah dan Ashanty juga tampil di catwalk dengan menggunakan kostum hitam dan hiasan kepala burung bergambar garuda warna emas, serta aksesoris dan pernak-pernik warna keemasan.

Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw juga hadir sebagai tamu kehormatan dalam JFC dan mengaku bangga dengan karya-karya peserta JFC yang luar biasa dan peserta membuat kostumnya sendiri.

"Saya baru pertama kali menonton JFC. Kesan saya sangat luar biasa melihat karnaval yang unik dan spektakuler di Jember, sehingga setiap tahun kegiatan JFC selalu dihadiri oleh Puteri Indonesia," tuturnya.

Ia mengatakan Puteri Indonesia akan berkolaborasi dengan JFC untuk megharumkan nama Indonesia di kancah internasional melalui pembuatan kostum nasional seperti pada tahun 2014 yang mendapatkan prestasi "the best national costum" di Miss Universe 2014.

JFC tahun ini mengambil tema "Revival" yakni kebangkitan Indonesia untuk dunia dengan menampilkan sebanyak 10 defile yakni Garuda, Hortus, Technocyber, Woods, Paradisaea, Refugees, Ocean, Chandelier, Olympic dan Barong.

Dalam JFC tersebut juga dikibarkan bendera peserta Asian Games 2018 yang dibawa oleh pasukan Paskibraka Jember sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat luas bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah kegiatan olahraga Asian Games pada tahun 2018.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016