Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, diangkat menjadi pelindung yang adalah juga anggota luar biasa Wanadri, yakni Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung, di Gedung Negara Pakuan Bandung, Minggu.

Pemakaian syal segitiga bertuliskan Wanadri berwarna oranye dilakukan pendiri Wanadri, Harri Hardiman, menjadi tanda resmi pengangkatan Heryawan di posisi itu.

Sesuai surat keputusan salah satu perkumpulan pecinta alam dan aktivitas luar ruang tertua di Indonesia ini, dia mendapat nomor registrasi pokok Wanadri 022 sebagai pelindung yang ditetapkan di Bandung, 27 Agustus 2016.

Heryawan mengucapkan terimakasih atas kehormatan yang telah diberikan Wanadri kepada dia, seraya berharap Wanadri terus bisa berperan serta dalam pembangunan, khususnya pembangunan pelestarian alam di Jawa Barat.

Ia menuturkan fokus pembangunan pemerintahan Jawa Barat yang dia pimpin kini tertuju pada tiga hal, yaitu menghilangkan kemiskinan, menghilangkan pengangguran, dan pembangunan pelestarian alam.

"Terimakasih atas kehormatan ini, terimakasih atas peran serta Wanadri khususnya pembangunan generasi muda dan SDM kita yang berbasis pelestarian alam," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, betapa penting pembangunan karakter, terkhusus generasi muda berbasis pada alam. 

"Alam selalu memberikan yang terbaik kepada manusia termasuk kepada yang merusaknya. Itulah Alam! Seluruh pasokan kehidupan kita berasal dari alam, kalau pasokan dari alam berhenti otomatis kehidupan juga akan terhenti," ujar dia.

"Oleh karena itu, pikiran kita harus berubah sekarang untuk melestarikan alam dan kemudian pasti orang akan melestarikan alam manakala terdidik di alam. Itu pasti," lanjut dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016