Bandung (ANTARA News) - Pencapaian medali tim Indonesia dalam kejuaraan dunia Federasi Karate-do Shotokan Internasional (SKIF) 2016, lebih baik dari pada gelaran yang sama di Bali pada tahun 2000 lalu.

Menurut informasi yang diterima di Bandung, Minggu, Indonesia sukses mendulang semua jenis medali di Kejuaraan Dunia Karate SKIF XII 2016 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran pada 26-28 Agustus 2016.

Indonesia berhasil menghimpun enam medali emas, sembilan perak, dan 12 perunggu dalam kejuaraan yang digelar untuk kedua kalinya di Indonesia dengan medali emas terbanyak disumbangkan nomor Kata Perorangan.

Medali emas tersebut disumbangkan oleh karateka Indonesia atas nama Aswan Ali, Hans Saputra, Wahyu Hidayat dan Annisa Ozora Himmatana di nomor Kata Perorangan. Selanjutnya emas juga diraih Muhammad Fahmi Sanusi dan Syeril Debora Wenno di nomor Kumite Peorangan.

Adapun capaian Indonesia di Kejuaraan Dunia Karate SKIF 2016 lebih baik ketimbang Bali tahun 2000 di mana saat itu Indonesia yang menjadi tuan rumah hanya mampu merebut lima medali emas, dua perak dan sembilan perunggu.

Staf Sponsorship dan Media Kejuaraan Dunia SKIF yang ke-12, Krisna mengatakan pelatih sekaligus atlet Indonesia, Aswan Ali sangat bangga atas capaian tersebut dan menargetkan prestasi yang lebih tinggi.

"Capaian kali ini dinilai pelatih cukup memuaskan karena dari perolehan medali lebih baik dari gelaran di Bali pada tahun 2000 lalu, dan tim menargetkan untuk prestasi yang lebih baik ke depannya," kata Krisna melalui pesan singkatnya.

Dalam Kejuaraan Dunia SKIF 2016 yang diikuti 58 negara peserta tersebut, Indonesia menurunkan 85 karateka di berbagai kelas.

Kejuaraan Dunia SKIF ke-12 ini juga terbilang istimewa karena dibuka langsung Wakil Presiden, Jusuf Kalla, yang didampingi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Ketua KONI Pusat Tono Suratman, hingga Presiden SKIF, Nobuaki Kanazawa.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016