Mekkah, Arab Saudi (ANTARA News) - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Abdul Djamil, mengatakan, pemerintah akan menyiapkan genset di Klinik Kesehatan Haji Arafah untuk mengantisipasi pemadaman listrik saat ibadah wukuf di Arafah.

"Atas dasar evaluasi kita pada tahun lalu, ketika terjadi pemadaman listrik di Arafah, tahun ini kita melakukan antisipasi dengan menyediakan genset khususnya untuk memasok listrik yang ada di Balai Kesehatan haji kita," kata Djamil dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Menurut dia, genset sangat diperlukan untuk mesin-mesin pendingin yang berguna bagi perawatan pasien, khususnya pasien yang terkena serangan hawa panas dan pasien yang membutuhkan perawatan dalam ruangan yang dingin.

"Saat terjadi pemadaman listrik dan tidak ada genset pada tahun lalu, itu berakibat cukup fatal. Tahun ini kita antisipasi dengan menyediakan genset untuk memasok listrik manakala terjadi hal yang bersifat darurat," katanya.

Sementara itu Kepala Daker Makkah, Arsyad Hidayat, menambahkan, untuk memberikan kenyamanan kepada jamaah haji Indonesia saat menjalani wukuf di Arafah, pada tahun ini tenda-tenda jamaah haji akan dilengkapi 101 kipas angin berpendingin air.    

Pewarta: Gusti Aryani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016