Los Angeles (ANTARA News) - Kanye West mendapat kesempatan berpidato pada MTV Video Music Awards 2016 sebelum mempromosikan karya terbarunya "Fade" dengan menyingung nama Beyonce.

"Saya Kanye West dan hebat sekali rasanya, terutama tahun ini," kata West dalam laman Los Angeles Times.

Kanye, kala itu kembali membawa nama Beyonce dalam pidatonya. "Malam ini, mungkin 'Famous' kalah dari Beyonce tapi saya enggak bisa marah, saya selalu berharap Beyonce menang."

Sang rapper lalu menjelaskan video "Famous" yang menampilkan patung figur orang-orang terkenal berbaring tanpa busana, antara lain Donald Trump, Chris Brown dan George Bush.

"Ini ekspresi kita sekarang, ketenaran kita, di dalam televisi. Keberanian menempatkan Anna Wointor di sebelah Donald Trump. Saya juga menaruh Ray J. Ini ketenaran, bro. Saya lihat kamu, Amber," kata West bercanda kepada mantan pacarnya yang hadir di tengah-tengah undangan.

Ia juga membela diri dari klaim Taylor Swift yang mengatakan West tidak mengatakan lagu itu pada dirinya.

Setelah itu, ia memperkenalkan video untuk single terbarunya "Fade" dari album "Life of Pablo".

Alih-alih West, video "Fade" menampilkan penyanyi R&B Teana Taylor yang menari di gymnasium kosong.

MTV VMA juga memutarkan beberapa peristiwa West yang membuat heboh, salah satunya ketika dia menginterupsi Taylor Swift pada 2009.

"Yo Taylor, saya senang sekali. Tapi, Beyonce punya video terbaik selamanya. Salah satu video terbaik sepanjang masa!" kata West kala itu.


Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016