Jakarta (ANTARA News) - Dua kapal perang Angkatan Laut Singapura bersandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin.

Kedatangan RSS Valiant FSGM-91 dengan komandan kapal LTC Alex Ang dan RSS Vigour FSGM-92 dengan komandan kapal LTC Wong Cing Tong dalam pelayaran muhibah ke Jakarta selama tiga hari itu disambut oleh Kepala Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Kafasharkan) Jakarta Kolonel Laut (T) Suhariyanto dalam suatu upacara kehormatan.

Kadispen Lantamal III, Mayor Laut (KH) Ign M Pundjung T, mengatakan, kunjungan dua Kapal Perang Angkatan Laut Singapura di bawah pimpinan Commander First Flotilla/Commanding Officer Missile Corvette Squadron Republik Of Singapura Navy, Colonel Ong Chee Wei bertujuan untuk meningkatkan hubungan persahabatan yang sudah terjalin dengan baik selama ini.

"Ini juga mempererat kerja sama antara Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Singapura," kata Kadispen Lantamal III.

Hadir pada acara penyambutan kapal asing tersebut antara lain Asisten Personil (Aspers) Danlantamal III Kolonel Laut (P) Untung S, Asisten Operasi (Asops) Danlantamal III Letkol Laut (P) Teddie Bernard Hernawan, SE, dan Assistant Defence Attache Singapore LTC George Goh.

RSS Valiant dan RSS Vigour merupakan kapal perang kelas Victory jenis korvet dengan bobot 605 ton, panjang 62,4 meter, lebar 8,5 meter, draft 3,1 meter dan kecepatan maksimal 35 knot, serta dilengkapi dengan berbagai persenjataan dan peralatan lengkap.

Kedatangan dua Kapal Angkatan Laut Singapura yang dijadwalkan berada di Jakarta sampai tanggal 31 Agustus 2016 itu disambut dengan kesenian Tari Piring dari daerah Padang, Sumatera Barat.

Kegiatan yang telah direncanakan selama berada di Jakarta antara lain akan mengadakan kunjungan resmi kepada Pangarmabar dan Walikota Jakarta Utara serta acara Coctail Party di kapal.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016