Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto akan mendampingi tim Manor Racing yang bakal berlaga pada race ke-14 lomba balap mobil Formula Satu (F1) di Sirkuit Monza, Italia, 2-4 September 2016, dalam kapasitasnya sebagai "reserve driver".

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywaty, ketika dihubungi dari Semarang, Jateng, Selasa, mengatakan, Rio Haryanto berangkat ke Italia dari Belgia, Rabu (31/8), juga dalam rangka mendampingi tim tersebut berlaga pada race ke-13 di Belgia.

Ketika ditanya apakah dengan status Rio Haryanto seperti sekarang ini tetap harus mengikuti tim hingga race terakhir lomba balap mobil F1 2016, dia membenarkan bahwa Rio harus bersama tim hingga race terakhir nanti.

"Tetapi semuanya tergantung kepada tim, apakah tim meminta datang atau tidak," kata Indah.

Pada race ke-13 di Belgia, Minggu (28/8), di mana untuk pertama kalinya Rio Haryanto berstatus sebagai "reserve driver", pebalap Manor Racing asal Jerman Pascal Wehrlein gagal menyentuh garis finis, sedangkan pebalap Prancis yang menggantikan posisi Rio Haryanto Esteban Ocon yang mengendarai mobil MRT05-02 menempati posisi ke-16 dengan catatan waktu 1:55.734.

Manajemen Tim Manor Racing mengambil keputusan untuk mengakhiri kontrak dengan pebalap nasional Rio Haryanto setelah yang bersangkutan tidak mampu memenuhi kewajiban kontrak.

Pebalap junior Marcedes Esteban Ocon resmi menggantikan posisi pebalap nasional Rio Haryanto untuk menyelesaikan sembilan race yang tersisa pada lomba balap mobil Formula Satu (F1) 2016.

PR & Direktur Komunikasi Manor Racing Tracy Novak dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Rabu (10/8), menyebutkan, Esteban akan memulai debutnya pada race ke-12 di Belgia, 28 Agustus mendatang.

Esteban Ocon mengaku sangat senang bergabung dengan Manor Racing pada akhir bulan ini dan siap tampil untuk debutnya di Grand Prix.

"Saya senang bahwa saya akan membuat debut Grand Prix dengan Manor Racing akhir bulan ini, dan di Spa, dari semua sirkuit, yang merupakan hal terbaik berikutnya untuk balapan rumah saya. Saya ingin mengucapkan terima kasih Renault Sport F1 Team dan Mercedes-Benz untuk bekerja bersama-sama untuk membuat hal ini terjadi, dan untuk Manor Racing atas kesempatan yang akan saya ambil dengan kedua tangan," katanya.

"Saya telah mengunjungi Manor Technical Centre untuk fit kursi saya dan untuk bertemu dengan tim yang lebih luas sehingga kami akan siap berlaga setelah liburan musim panas. Mereka telah melakukan pekerjaan yang besar musim ini dan saya senang bahwa saya telah bertugas dengan membantu mereka untuk membangun kemajuan itu. Saya tidak sabar untuk memulai," katanya.

Pewarta: Hernawan W
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016