Surabaya (ANTARA News) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur menetapkan Gubernur Soekarwo sebagai komandan kontingen pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XIX yang diselenggarakan di Jawa Barat, September 2016.

"Komandan kontingennya Gubernur Jatim Soekarwo, sekaligus nanti akan dilepas juga keberangkatan kontingen PON Jatim oleh beliau," ujar Ketua Umum KONI Jawa Timur Erlangga Satriagung kepada wartawan di Surabaya, Selasa.

Dijadwalkan, pelepasan kontingen PON Jatim dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis, 8 September 2016, dengan dihadiri sejumlah pejabat Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Jatim, seperti Kapolda Jatim, Pangdam V/Brawijaya, Pangarmatim dan Kajati Jatim.

Tidak itu saja, pada acara tersebut diagendakan juga pemberian motivasi kepada seluruh atlet Jatim yang berlaga di PON mendatang dengan mendatangkan motivator ulung, Andrie Wongso.

Pada pelaksanaan PON XIX, kontingen Jatim berkekuatan 737 atlet yang akan berlaga di hampir seluruh cabang olahraga dipertandingkan.

Dengan kekuatan jumlah atlet itu, kata dia, ditargetkan kontigen Jatim mengoleksi 150 medali emas sekaligus merebut juara umum yang sempat terlepas pada PON XVIII lalu.

"Kami sangat bangga karena semua cabor bertekad untuk menjadi juara umum. Jika bisa meraih 150 emas maka juara umum Insya Allah menjadi kenyataan," ucapnya.

Sementara itu, selain persiapan yang matang, KONI Jatim telah membentuk 190 satuan tugas untuk mewujudkan ambisi juara umum dengan tugas utama memenuhi segala kebutuhan atlet selama PON berlangsung.

Para satgas ini akan disebar di beberapa kabupaten/kota yang menjadi tempat pertandingan PON, yakni Bandung, Sukabumi, Tasikmalaya, Cirebon, Indramayu, Garut dan lainnya.

Di sisi lain, Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim memastikan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi setempat memberikan dukungan moril kepada kontingen Jatim saat berlaga nantinya.

"Atlet Jatim tidak akan sendirian karena pejabat-pejabat di SKPD ikut memotivasi sebagai bentuk dukungan agar meraih prestasi gemilang sekaligus membawa harum nama Jatim di kancah nasional," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim, Supratomo. ***4***

(T.F014/B/T013/T013) 30-08-2016 19:08:31

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016