Jakarta (ANTARA News) - Seorang penumpang busway Transjakarta yang dituduh mirip Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Andrew Budikusuma (23) melaporkan dugaan pengeroyokan yang dilakukan empat orang ke Polda Metro Jaya.

"Saya pribadi ingin pelaku meminta maaf dan bertanggung jawab," kata Andrew di Polda Metro Jaya Selasa.

Andrew melaporkan para pelaku sesuai Laporan Polisi Nomor : LP/4132/VIII/2016/PMJ/Ditreskrimum tertanggal 30 Agustus 2016 dengan sangkaan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan.

Andrew menjelaskan kronologis kejadian berawal saat hendak pulang kerja menumpang busway Transjakarta di Halte Kuningan Jakarta Selatan pada Jumat (26/8) sekitar pukul 22.00 WIB.

Sampai di Halte Senayan, empat penumpang tidak dikenal menghina Andrew dengan ucapan rasis berwajah mirip Ahok.

Awalnya, korban tidak menanggapi ucapan para pelaku itu namun petugas keamanan Transjakarta menyuruh Andrew dan empat pria itu turun dari busway karena berbuat onar.

Para pelaku itu mengeroyok Andrew saat turun di Halte Senayan hingga terluka pada bagian wajah, telinga dan mulut.

Andre sempat melakukan perlawanan memukul salah satu pelaku menggunakan botol vitamin yang disimpan di tas korban.

Salah satu penumpang Transjakarta menarik Andrew ke dalam busway saat dikeroyok empat pria tidak dikenal tersebut.

Guna mempertanggungjawabkan aksi pelaku, Andrew meminta rekaman video tersembunyi kepada pengelola busway Transjakarta sebagai barang bukti laporan ke Polda Metro Jaya.

"Saya ingin tahu motif pelaku menuduh saya Ahok dan memukuli padahal saya tidak kenal satu pun dari empat pelaku itu," ujar pria yang bekerja di kawasan ITC Kuningan itu.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016