Jakarta (ANTARA News) - Klub-klub Liga Inggris telah menghabiskan lebih dari 1 miliar poundsterling pada jendela transfer pemain musim ini.

Musim lalu, jumlah 1 miliar poundsterling dicapai pada dua tahap transfer pemain, yaitu musim panas dan musim dingin, tetapi pada musim ini, jumlah tersebut dicapai pada satu sesi transfer untuk pertama kalinya.

Rekor baru kesepakatan penayangan di televisi tampaknya juga telah menaikkan harga transfer pemain. Yang paling menonjol adalah Manchester United yang membawa pulang Paul Pogba dengan mahar 89 juta poundsterling.

Masuknya pelatih-pelatih kelas dunia juga memainkan peran penting pada jendela transfer pemain paling mahal sepanjang masa, di mana Pep Guardiola, Jose Mourinho dan Antonio Conte "menghamburkan" banyak uang.

Pemain-pemain seperti John Stones, Leroy Sane dan Granit Xhaka juga telah mencatatkan jumlah dana besar, sementara kepindahan Shkodran Mustafi ke Arsenal yang dilaporkan senilai 35 juta poundsterling, membuat total transfer musim ini melewati angka 1 miliar poundsterling.

Jendela transfer pemain akan ditutup pada Kamis pukul 23.00 waktu setempat, demikian Sports Mole.

Penerjemah: Try Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016