Kudus (ANTARA News) - Peraih medali emas Olimpiade Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan kembali diarak di Kota Kudus, markas klub mereka PB Djarum, pada Kamis.

Tidak hanya diarak, mereka juga akan diberi bonus berupa uang dan rumah.

"Mereka akan diarak menggunakan mobil VW Combi double dek dan diiringi oleh para peraih medali Olimpiade sejak 1992 dan legenda bulu tangkis," kata Program Associate Bakti Olahraga Djarum Foundation Abraham Delta Oktaviari, di GOR Djarum, Jati, Kudus, Rabu.

Selain Tontowi/Liliyana, akan turut dikirab juga para peraih medali dari arena Olimpiade, seperti Alan Budikusumo dan Susi Susanti yang berhasil meraih medali emas di Barcelona 1992, Rexy Mainaky yang meraih emas Olimpiade Atlanta, ditambah Denny Kantono/Anthonius Budi Ariantho yang berhasil meraih perunggu di Atlanta 1996, Minarti Timur yang memperoleh medali perak di Sydney 2000 serta Maria Kristin Yulianti yang berhasil menyabet perunggu di Beijing tahun 2008.

Legenda bulu tangkis Liem Swie King, Christian Hadinata, serta Hariyanto Arbi juga turut dikirab bersama pelatih Tontowi/Liliyana, Richard Mainaky.

Sebelum diarak, Tontowi/Liliyana terlebih dahulu menerima hadiah rumah di perumahan Graha Padma Semarang.

Selanjutnya, mereka akan mulai diarak pukul 12:30 WIB dari pom bensin Karanganyar menuju Gerbang Kudus Kota Kretek. Kemudian, rombongan kirab menuju brak SKT BL 53 di Jalan Lukmonohadi, Kudus, sekitar pukul 13:00 WIB. Brak SKT BL 53 merupakan tempat latihan awal PB Djarum di tahun 1969 yang melahirkan legenda bulutangkis seperti Liem Swie King.

Kemudian rombongan akan bergerak lagi menuju Simpang Tujuh Kudus. Lalu menuju Pendapa Kabupaten untuk bertemu Bupati Kudus H. Mustofa. Selanjutnya bersama Bupati, Tontowi/Liliyana, panggilan akrab mereka, menuju Alun-alun depan Pendapa Kabupaten.

Di alun-alun Kabupaten Kudus, Tontowi/Liliyana akan memberikan testimoni di hadapan seluruh masyarakat Kudus.

Setelah itu, rombongan kirab kembali melanjutkan perjalanan menuju Jalan A. Yani, dan selanjutnya akan berakhir di GOR Jati, Kudus.

Kehadiran Tontowi/Liliyana bersamaan dengan digelarnya acara Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2016. Untuk menyemangati peserta, Tontowi/Liliyana pun akan hadir pada pembukaan final Audisi Umum, Jumat (2/9).

"Nanti mereka akan turut memantau bersama para legenda yang menjadi tim pencari bakat," ujar Abraham.

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016