Semarang (ANTARA News) - Sebanyak 16 petinju dari berbagai daerah bakal mengikuti audisi "Indonesia Boxing Championship" yang digagas PT Chris John Indonesia.

Mantan juara dunia kelas bulu (57,1 kilogram) WBA Chris John ketika dihubungi di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, mengatakan mereka akan mengikuti audisi yang ditayangkan di salah satu televisi swasta nasional mulai 2 September 2016 di Balai Sarbini, Jakarta.

Audisi pertama pada 2 September, kata dia, akan dibuka dengan pertarungan petinju Indonesia Tibo Monabesa (peringkat 10 WBA) dan John Ruba melawan petinju Filipina.

"Pertarungan 16 petinju itu akan ditayangkan di televisi swasta nasional (Kompas TV). Tetapi yang 32 menjadi 16 petinju tidak," kata suami mantan atlet wushu Jawa Tengah Anna Maria Megawati tersebut.

Setelah itu, lanjut dia, bakal terpilih delapan petinju dan audisi untuk mereka (delapan petinju yang lolos) akan ditayangkan setiap minggu sekali pukul 22.00 WIB dan dirinya bertindak sebagai komentator.

Ketika ditanya kelanjutan dari juara audisi tersebut, ayah dua orang putri Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani tersebut, kalau ada sponsor yang masuk tentunya akan diarahkan ke jenjang Asia atau bahkan dunia.

Selain itu, lanjut dia, adalah menggelorakan tinju profesional Indonesia agar menjadi tontonan favorit dan memberikan kesempatan kepada petinju berbakat untuk bertanding.

Mantan juara dunia tinju kelas bulu Chris John membuat ajang pencarian petinju Indonesia di kelas yang digelutinya dulu tersebut dengan melalui ajang Indonesia Boxing Championship.

Chris yang ditemui di pusat kebudayaan Amerika, Jakarta, Jumat (29/7), mengatakan acara yang 15 Agustus 2016 tersebut berawal dari keinginan membawa masa kejayaan tinju profesional Indonesia seperti dirinya dan juga legenda tinju Ellyas Pical atau melebihi mereka.

"Saya dan Om Elly serta beberapa nama lainnya pernah membawa kebanggaan bagi Indonesia di ajang tinju yang tentu dengan dukungan berbagai pihak seperti pelatih saya Craig Christian, Radja Sapta Oktohari dan Alm. Sutan Rambing. Kini saatnya saya menjadi tim pendukung untuk membantu petinju profesional Indonesia berbakat lainnya meraih impian mereka berlaga dan menjadi juara di tingkat Internasional," kata Chris.

Ajang Indonesia Boxing Championship tersebut digagas oleh perusahaan PT Chris John Indonesia (CJI) dengan menggandeng salah satu perusahaan televisi nasional sebagai lembaga penyiaran gelaran tersebut.

Pewarta: Hernawan W
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016