Jakarta (ANTARA News) - Ujung tombak klub Barcelona, Neymar, tampil maksimal dengan mencetak gol dan assist yang membantu Brasil mengalahkan Ekuador 3-0 di laga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan (Conmebol) di Stadion Olímpico Atahualpa, Ekuador, Jumat pagi WIB.

Tambahan tiga poin ini menjaga peluang Brasil untuk lolos langsung ke putaran utama Piala Dunia 2018 karena menempati peringkat empat klasemen dengan perolehan 12 poin dari tujuh laga.

Kendati kalah telak, Ekuador tetap berada satu tingkat di atas Brasil dengan perolehan 13 poin dari tujuh pertandingan.

Brasil baru bisa membobol gawang Ekuador pada menit 72 berkat tendangan penalti Neymar menyusul pelanggaran kiper Ekuador Domínguez Carabali.

Neymar yang mengarahkan bola ke sudut kiri berhasil mengecoh penjaga gawang Ekuador yang sebelumnya diganjar kartu kuning akibat pelanggaran penalti.

Ekuador harus bermain dengan 10 orang setelah Carlos Paredes mendapat kartu merah karena melanggar Renato dan melakukan protes berlebihan terhadap wasit pada menit 76.

Pasukan Carlos Dunga memanfaatkan keunggulan dalam jumlah pemain untuk menambah gol.

Penyerang muda Gabriel Jesus mencatatkan gol pertamanya untuk Brasil sekaligus mengantar negaranya unggul 2-0 memanfaatkan umpan Marcelo pada menit 87.

Belum puas dengan skor 2-0, Gabriel Jesus memastikan kemenangan 3-0 untuk Brasil lewat gol yang dicetaknya di ujung waktu babak kedua meneruskan umpan terobosan Neymar menurut laporan pertandingan Conmebol.

Susunan pemain kedua tim:

Brasil (4-3-3):
Alisson; Alves, Miranda, Marquinhos, Marcelo; Paulinho, Casemiro, Renato; Willian (Coutinho), Neymar, Jesus.

Ekuador (4-2-3-1):
Dominguez; Paredes, Mina, Achilier, W. Ayovi; Gruezo (Gaibor), Noboa; Montero (Arroyo), Bolanos, E. Valencia; F. Caicedo (Ibarra).


Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016