Jakarta (ANTARA News) - Lionel Messi menandai kembalinya ke Tim Nasional Argentina dengan mencetak gol tunggal kemenangan negaranya atas Uruguay pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan (Conmebol) di Stadion Malvinas Argentinas, Jumat pagi WIB.

Messi, yang sempat menyatakan pensiun dari Tim Nasional Argentina, membuktikan tenaganya masih dibutuhkan La Albiceleste, yang kini ditukangi pelatih baru Edgardo Bauza.

Kemenangan ini membawa Argentina ke pucuk klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan perolehan 14 poin, adapun Uruguay di posisi kedua dengan 13 poin.

Gol Messi tercipta akibat kesalahan pemain bertahan Uruguay Diego Godín yang ceroboh saat membuang bola.

Bola yang disundul Godin jatuh ke kaki Messi dan kapten Argentina itu kemudian melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti setelah mengecoh beberapa pemain Uruguay di menit 43.

Namun Argentina terpaksa bermain dengan 10 orang setelah Paulo Dybala mendapat kartu merah karena melanggar pemain Uruguay Matias Corujo pada menit 45.

Uruguay mencoba memaksimalkan keunggulan dalam jumlah pemain setelah Paulo Dybala diusir pada akhir babak pertama.

Namun Argentina berhasil menerapkan taktik jebakan offside yang menyulitkan pemain Uruguay melepaskan bola kepada Edinson Cavani.

Pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, kemudian memasukkan satu penyerang tambahan Cristian Rodríguez menggantikan Lodeiro pada pertengahan babak kedua.

Namun Cristian Rodríguez juga tidak berhasil menembus pertahanan Argentina yang dikomandoi Otamendi dan Funes Mori. Adapun Edinson Cavani juga tak mampu menembus jebakan offside yang diterapkan Argentina.

Uruguay mendapat satu peluang pada babak kedua melalui umpan terobosan Fucile yang ditujukan kepada Gastón Ramirez.

Namun sepakan Gaston berhasil ditangkap Romero sehingga skor 1-0 untuk kemenangan Argentina bertahan hingga laga usai menurut laporan pertandingan situs Conmebol.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Argentina (4-2-3-1):
Romero, Zabaleta, Otamendi, Funes Mori, Emanuel Mas, Mascherano, Biglia, Messi, Dybala, Di Maria, Pratto (Alarrio).

Uruguay (4-3-3): Muslera, Fucile, Gimenez, Godin, Gaston, Sanchez (Gaston Ramirez), Matias Corujo, Arevalo; Lodeiro (Gabriel Rodríguez), Cavani, Suarez.


Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016