Purwokerto (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, menyiapkan gerbong tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang Idul Adha 1437 Hijriah.

"Secara khusus, PT KAI Daop 5 Purwokerto akan menambah rangkaian gerbong untuk dua KA, yakni KA Purwojaya jurusan Cilacap-Purwokerto-Gambir dan KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasarsenen," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko di Purwokerto, Jumat.

Rangkaian KA Purwojaya yang biasanya terdiri atas tujuh gerbong, akan ditambah menjadi delapan gerbong. Sementara KA Kutojaya Utara, dari delapan gerbong, akan ditambah menjadi sembilan gerbong.

Menurut dia, pengoperasian gerbong tambahan itu akan dilakukan pada 4-8 September 2016.

"Selain pengoperasian gerbong tambahan oleh PT KAI Daop 5 Purwokerto, pada lintas selatan juga akan ada pengoperasian KA tambahan oleh PT KAI Daop 6 Yogyakarta sehingga bisa dimanfaatkan penumpang dari Purwokerto," katanya.

Ia mengatakan dua kereta api tambahan jurusan Yogyakarta-Jakarta itu terdiri atas KA Taksaka dan Kereta Luar Biasa (KLB) Ekonomi.

Menurut dia, dua KA tambahan tersebut dioperasikan pada 8-14 September 2016.

Sementara itu, tentang ketersediaan tiket, Ixfan mengatakan pemesanan tiket KA menjelang Hari Raya Idul Adha telah mencapai 90 persen, baik untuk kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

"Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa kereta api saat libur Idul Adha, kami persilakan untuk secepatnya memesan tiket," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016