Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan Gelaran Puncak Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat De Syukron 6 Tahun 2016 merupakan wujud rasa syukur atas pembangunan dan prestasi yang telah dicapai Jawa Barat dalam upaya kesejahteraan masyarakat.

"Kita syukuri apa yang sudah dilakukan dalam pembangunan dan mensyukuri berbagai nikmat pembangunan yang sudah dirintis oleh pendahulu kita, itulah esensi diadakannya De Syukron 6 ini," kata Ahmad Heryawan, usai membuka pesta rakyat De Syukron 6, di Halaman Gedung Sate Bandung, Jumat.

Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan pada usianya yang ke 71 tahun, Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali menggelar pesta rakyat De Syukron 6, yang dilaksanakan tanggal 2-3 September 2016 di halaman Gedung Sate Kota Bandung.

Pada penyeleggaraan kali ini dari pagi hingga malam hari panita menampilkan pameran produk unggulan Jawa Barat, pawai pakaian adat dan modern, music performance, pagelaran wayang golek, Festival Teh Jawa Barat, video mapping dan ditutup dengan atraksi laser serta kembang api.

Aher dan jajarannya pun berkomitmen untuk terus melahirkan berbagai kemajuan-kemajuan dan prestasi. "71 tahun kita sudah lewati dan kita akan terus berkomitmen untuk melakukan pembangunan yang lebih baik lagi," katanya.

Ia mengatakan yang berbeda pada De Syukron 6 ini yaitu dihadirkannya Festival Teh Jawa Barat yang bertujuan untuk makin mengokohkan perkebunan teh di Jawa Barat dan meningkatkan produksi serta kualitas agar menjadi komoditas yang mendunia seperti kopi Java Preanger.

Menurut dia berbagai macam olahan Teh yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat dipamerkan dalam De Syukron 6 ini.

"Mengapa kita adakan Festival Teh Jawa Barat, karena kita ingin agar Teh Jawa Barat produksinya dan kualitasnya meningkat sebagaimana kopi yang sudah juara di tingkat internasional," ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, pesta rakyat De Syukron 6 ini adalah milik seluruh masyarakat Jawa Barat.

Ia berharap De Syukron 6 dijadikan momentum untuk menunjukkan kepada masyarakat tentang kinerja yang sudah dicapai Pemprov Jabar selama ini.

"Inilah bukti kerja nyata Pemprov jabar dalam membangun pemerintahan yang baik dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan," ujar Ineu.

Seperti pada pameran unggulan produk UMKM Jabar, Ineu menginginkan agar dijadikan etalase wujud pembangunan ekonomi di Jawa Barat.

"Ini salah satu mengapa Pak Gubernur ini berhasil dari berbagai bidang, kerja berat Pemerintah Daerah dalam mewujudkan rakyatnya sejahtera tak akan terwujud tanpa dukungan dari pelaku UMKM," katanya.*

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016