Inilah mesih baru, ini melakukan apa yang semestinya dilakukan, maka ini adalah hal positif."
Monza (ANTARA News) - Pemuncak klasemen Formula 1 Lewis Hamilton mengincar kemenangan ke 50-nya di Grand Prix Formula 1 (GP F1), mengungguli rekan setimnya di Mercedes Nico Rosberg, untuk menduduki posisi teratas pada latihan Grand Prix Italia yang berlangsung pada Jumat.

Pebalap Britania itu, yang juga mengincar kemenangan ketiga (hattrick) dalam tiga tahun ini di Sirkuit Monza, menikmati sore yang cerah dengan mencatatkan putaran waktu tercepat, yakni satu menit 22,801 detik dengan menggunakan ban super lembut setelah berada di bawah Rosberg pada sesi pagi.

Catatan tercepat Rosberg saat itu adalah 1:22,959, di mana pebalap Jerman itu mengukir catatan waktu 1:22,994 setelah makan siang.

"Ini merupakan pekerjaan yang masih berlangsung namun ini akan berada pada arah yang tepat dan menurut saya kami akan memiliki pertarungan yang bagus besok," kata Hamilton kepada para pewarta, yang tidak sabar untuk kembali menyaksikan duel sengit pada sesi kualifikasi di antara pasangan yang dominan tersebut.

Ferrari menjadi yang terbaik di bawah Mercedes pada kedua sesi di trek kandang mereka sendiri, di mana pebalap Finlandia Kimi Raikkonen berada di urutan ketiga pada pagi hari, namun waktunya lebih banyak satu detik dibanding catatan waktu Rosberg, sedangkan rekan setimnya Sebastian Vettel berada di urutan keempat.

Seperti pasangan Mercedes, posisi mereka bertukar pada sore haru, di mana Vettel menggunakan ban-ban super lembut untuk mencatatkan waktu 0,453 detik lebih lambat daripada Hamilton.

Tim Italia itu telah menggunakan "koin" mesin terakhir mereka musim ini untuk penambah tenaga setelah menyerahkan posisi kedua di klasemen kejuaraan kepada Red Bull, dan Vettel berkata bahwa dirinya bersemangat dengan kemajuan yang ada.

"Inilah mesih baru, ini melakukan apa yang semestinya dilakukan, maka ini adalah hal positif," kata pebalap Jerman tersebut.

Hamilton unggul sembilan angka atas Rosberg menuju balapan terakhir di Eropa pada musim ini, namun juara dunia tiga kali itu dapat berharap mampu memperbesar jarak pada Minggu.

Pebalap terakhir yang memenangi Grand Prix Italia sebanyak tiga kali secara beruntun adalah almarhum pebalap asal Argentina Juan Manuel Fangio pada 1950-an.

Rosberg, pemenang di Belgia pada akhir pekan silam, mencatatkan waktu terbaiknya pada pagi hari dengan menggunakan ban lembut sebagaimana yang dilakukan Hamilton, yang merupakan salah satu dari sejumlah pebalap yang harus melakukan ekskursi di luar trek saat mereka menyelidiki batas-batas.

Pebalap McLaren Fernando Alonso menjadi satu-satunya pebalap yang mengalami masalah pada sesi pertama, ketika ia kembali ke pit dengan masalah pada gearboxnya lima menit sebelum sesi berakhir.

Pebalap muda Belanda Max Verstappen, yang penampilan agresifnya saat bertahan menghadapi Raikkonen di Spa pada akhir pekan silam masih menjadi pembicaraan di paddock, menduduki urutan keempat untuk Red Bull pada pagi hari dan urutan kelima pada sesi kedua, demikian laporan Reuters.

"Menurut saya hari ini memperlihatkan bahwa kami masih sedikit jauh dari podium," kata rekan setimnya yang berasal dari Australia Daniel Ricciardo. "Ferrari merupakan penyangga yang bagus bagi kami."

Verstappen dan pebalap McLaren Jenson Button memulai hari dengan menguji sistem perlindungan kepala "halo" yang dipasang pada kokpit mobil-mobil mereka."

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016