Manado (ANTARA News) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Manado, Provinsi Sulawesi Utara, berupaya meningkatkan kepesertaan program jaminan sosial tenaga kerja di daerah tersebut.

"Kali ini kami berupaya tingkatkan kepesertaan kepada para pekerja informal," kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Manado Januar Hermawan di Manado, Sabtu.

Untuk itu, katanya, kali ini kegiatan "Gerebek Pasar" dilakukan BPJS Ketenakerjaan dengan mendatangi langsung para pedagang di Pasar Airmadidi Minahasa Utara.

"kegiatan ini merupakan lanjutan dari dua kegiatan grebek pasar sebelumnya," katanya.

Kegiatan ini lebih mengutamakan unyuk memberikan sosialisasi dan edukasi supaya mereka paham terlebih dahulu.

Setelah paham tentang program BPJS Ketenagakerjaan ini, baru mendaftar, karena program ini sebenarnya banyak manfaatnya bagi para pedagang pasar

Nantinya apabila mendaftar, katanya, para pedagang pasar tersebut akan masuk dalam program Bukan Penerima Upah

Untuk iuran yang ditarik dari program bukan penerima upah (BPU) mulai hanya Rp16.800/bulan untuk dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Januar Hermawan berharap dengan iuran yang terjangkau ini seluruh pekerja di Pasar Airmadidi Minahasa Utara mulai dari pedagang, kuli angkut, tukang ojek, tukang parkir, semuanya dapat mendaftarkan diri di BPJS Ketenagakerjaan Program Bukan Penerima Upah.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016