Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerja sama dengan pemerintah kabupaten kota menyiapkan raturan petugas pemeriksa hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah.

"Mereka bertugas memeriksa hewan kurban agar terhindar dari penyakit hewan dan menyosialisasikan tanda-tanda dasar adanya penyakit pada hewan," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sultra, Muhammad Nasir, di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan, petugas pemeriksa kesehatan hewan akan ke tempat-tempat pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

"Para petugas diterjunkan untuk memastikan kesehatan hewan-hewan kurban yang akan disembelih pada hari besar umat Islam tahun ini," katanya.

Dikatakan, untuk hewan yang bermasalah dikembalikan, dan tidak dijadikan hewan kurban.

Menurut dia, dalam melakukan pemeriksaan hewan kurban, kami berkoordinasi dengan sejumlah dokter dan tim medis kesehatan hewan.

Selain itu, kata dia, dalam melaksanakan tugas pemeriksaan dan pengawasan penyembelihan hewan kurban tersebut, pihaknya akan terbantu dengan kesadaran warga yang melaporkan hewan kurbannya.

"Yang harus diketahui warga adalah pemeriksaan hewan kurban tersebut sifatnya gratis, harapannya semua hewan yang dikurbankan itu bebas dari penyakit yang membahayakan bagi yang mengkonsumsinya," katanya.

Pewarta: Suparman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016