Jakarta (ANTARA News) - Finalis Piala Eropa 2016, Prancis, harus puas dengan hasil imbang 0-0 atas Belarusia pada laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2018 grup A di Stadion Borisov Arena, Rabu dini hari WIB.

Prancis yang menurunkan penyerang-penyerang klub top Eropa antara lain Antoinne Griezmann, Anthony Martial, dan Oliver Giroud dipaksa berjuang untuk menjebol gawang Belarusia yang di atas kertas mestinya bisa diatasi Les Blues karena berada di peringkat 63 FIFA.

Hasil imbang ini juga tidak mudah bagi Belarusia karena mereka harus bermain bertahan selama 90 menit pertandingan untuk menahan serangan Paul Pogba dan kolega.

Hasil ini membuat Prancis harus membenahi lini serang menjelang laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Bulgaria pada 8 Oktober 2016.

Prancis tidak memiliki peluang emas namun sempat berkesempatan saat Martial menyodorkan umpan silang kepada Giroud yang cuma berbuah sepak pojok pada menit 33.

Giroud kembali mengancam gawang Belarusia dengan sepakan kaki kirinya menyusul bola terobosan dari Griezmann yang lebih banyak beroperasi di sayap kanan, namun tidak menghasilkan apa-apa pada menit 53.

Deschamps kemudian memasukan Dimitri Payet menggantikan Martial pada menit 57.

Payet setidaknya memberikan dampak sejak dimainkan dengan memberikan umpan akurat kepada Giroud. Sayang tandukan penyerang Arsenal itu membentur tiang gawang pada menit 60.

Payet kembali mengirimkan umpan yang diselesaikan sepakan jarak jauh Varane pada menit 62.

Payet juga yang membuka ruang untuk sepakan Kurzawa yang menyamping ke sisi kiri gawang Belarusia pada menit 65.

Payet sempat melepaskan tendangan jarak jauh pada menit 83, sementara pemain Chelse, Kante, juga melakukan hal yang sama pada menit 88. Skor 0-0 bertahan hingga laga usai, demikian Skysports.

Susunan pemain:
Belarusia (4-2-3-1):
Gorbunov; Polyakov, Palitsevich, Sivakov, Bordachev; Korzun, Maevski; Kalachev, Gordeychuk, Stasevich; Signevich.

Prancis (4-3-3): Mandanda; Sidibe, Varane, Koscielny, Kurzawa; Sissoko (Dembele), Kante, Pogba; Griezmann, Martial (Payet), Giroud.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016