Madrid (ANTARA News) - Bekas menteri perindustrian Spanyol Jose Manuel Soria yang mundur setelah dikaitkan dengan sebuah perusahaan dalam dokumen Panama Papers, telah mengundurkan diri dari pencalonan untuk pos jabatan senior pada Bank Dunia, kata seorang sumber pemerintah Spanyol seperti dikutip Reuters.

Koran El Mundo melaporkan bahwa dia telah berkata kepada menteri keuangan dalam sebuah surat bahwa dia menarik diri setelah ditanyai pemerintah mengingat aplikasinya ke bank dunia ini dipolitisir.

Pencalonan Soria mewakili Spanyol di Bank Dunia ini diumumkan Jumat pekan lalu oleh pemerintah tengah-kanan dan sontak memicu kemarahan di Spanyol serta mendorong kritik dari berbagai penjuru.

Kabar ini menjadi sensitif dalam perpolitikan Spanyol di tengah sengitnya pertarungan antarpartai politik yang tengah memasuki pemilu ketiga dalam setahun ini.

Soria mundur dari jabatan menteri April silam setelah dia diduga memiliki perusahaan offshore di Kepulauan Jersey, Inggris. Saat itu dia menyatakan mundur demi mencegah dampaknya terhadap pemerintah. Namun dia membantah keras telah berbuat salah.

Pencalonan Soria untuk pos Bank Dunia mendorong partai oposisi PP menuntut penjelasan di parlemen dari Menteri Keuangan Luis de Guindos.

Sampai Selasa waktu Spanyol sekitar 290.000 orang menandatangani petisi online untuk meminta Bank Dunia menolak pencalonan Soria.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016