New York (ANTARA News) - Petenis Prancis Gael Monfils mengatasi perlawanan rekan senegaranya Lucas Pouille 6-4 6-3 6-3 untuk menjadi petenis tunggal pertama yang maju ke semifinal AS Terbuka tahun ini.

Unggulan kesepuluh itu tampil dinamis untuk menang melawan rekan senegaranya yang masih berusia 22 tahun yang tiga kali berturut-turut menang lima set, termasuk pada babak keempat turnamen ini saat melawan juara 14 kali grand slam Rafa Nadal.

Monfils mengakhiri perlawanan Pouille yang unggulan ke-24 pada ace ke-13-nya dalam pertandingan ini yang bagi Prancis adalah istimewa mengingat berhasil menempatkan tiga pemain pada perempatfinal grand slam untuk pertama kalinya sejak Prancis Terbuka 1947.

"Saya menyenangi performa saya. Saya kira tak mudah bermain pada perempat final melawan sesama Prancis," kata Monfils usai pertandingan.

Monfils, yang mencetak semifinal grand slam kedua dalam karirnya dan yang pertama sejak 2008 di Roland Garros, akan menghadapi pemenang pertandingan Novak Djokovic melawan petenis Prancis lainnya Jo-Wilfried Tsonga, pada babak delapan besar di Flushing Meadows.

Mofils selalu kalah dari Djokovic, sedangkan melawan Tsonga dia sudah memenangi tiga dari tujuh pertemuan mereka, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016