Jakarta (ANTARA News) - Ferdiriva Hamzah penulis dari “Catatan Dodol Calon Dokter” (CADO CADO), banyak terlibat dalam film yang diadaptasi dari buku berisi pengalaman serunya selama menjalani program pendidikan calon dokter alias ko-asistensi (ko-ass).

Sebagai seorang dokter, Riva ingin segala hal tentang medis yang diangkat dalam film itu memang benar-benar akurat. 

“Saya tidak bisa meninggalkan begitu saja, ini film medis yang tidak bisa asal-asalan,” kata Ferdiriva dalam konferensi pers film “Catatan Dodol Calon Dokter” di Jakarta, Rabu.

Detil seperti cara menyuntik yang tepat hingga istilah kedokteran yang diucapkan juga menjadi perhatiannya. 

Selain turut membantu penulis naskah dalam menggarap skenario, membantu para pemeran menghayati bagaimana cara menjadi dokter, sampai mengamati proses syuting pun dilakoninya.

Novel “Catatan Dodol Calon Dokter” telah dicetak ulang sebanyak 12 kali dan terjual sekitar 80.000 kopi. 

Riva mengatakan ada perbedaan cerita antara novel dan versi adaptasi film yang juga ditayangkan di Festival Film Internasional Tokyo 2016 itu. 

Dalam novel, ia menyuguhkan kisah-kisah kocak secara mandiri  dalam beberapa bab. Benang merah dari bab-bab itu dikembangkan untuk versi layar lebar. Yang pasti, adegan-adegan konyol dalam buku akan ada di filmnya.

“Mungkin memang beda dari buku, tapi feel dan soul tetap sama,” katanya.

Riva mengaku terdorong untuk menulis CADO CADO karena banyak mengalami kejadian lucu dan konyol selama ko-ass yang diibaratkan sebagai praktik lapangan di dunia kedokteran.

“Sayang kalau disimpan sendiri, biar orang-orang tahu bagaimana kedokteran di Indonesia tidak semenakutkan itu,” ujarnya. 

“Memang berat, tapi di balik itu banyak adegan lucu yang tidak terlupakan.”

Pengambilan gambar “Catatan Dodol Calon Dokter” berlangsung di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi selama 18 hari. Tim konsultan medis dari rumah sakit terkait turut berperan untuk menjamin penyajian tindakan medis yang tepat.

Film yang dibintangi juga oleh Adipati Dolken, Tika Bravani Aurelie Moeremans, Adi Kurdi, Ali Mensan, Rizky Mocil, Albert Halim, Cindy Valery, Rizka Dwi Septiana dan Amec Rais akan tayang pada 27 Oktober. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016