Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR, Mahyudin, mengatakan, negara lain sangat mengagumi Pancasila karena mampu menyatukan rakyat berbeda-beda menjadi satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Negara lain sangat mengagumi Pancasila. Jadi saya ingatkan kepada para anak muda Indonesia, banggalah kepada nilai bangsa sendiri," katanya, dalam sosialisasi Empat Pilar MPR, di Universitas Malahayati, Lampung, seperti dilansir keterangan tertulis, Kamis.

Mahyudin mengatakan, masyarakat Indonesia jangan terlalu mengagungkan nilai-nilai bangsa lain, dan pahamilah Pancasila hingga timbul cinta agar mampu menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, ia mengatakan, sosialisasi Empat Pilar yang sedang gencar diselenggarakan di berbagai daerah, adalah amanah UU Nomor 17/2014 tentang MD3.

"Pemahaman tentang Pancasila dan nilai luhur bangsa lainnya sangatlah penting dalam hal ini sehingga diamanatkan dalam UU. Target sosialisasi adalah seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda penerus bangsa," ujarnya.

Rektor Universitas Malahayati, Mohammad Khadafi, mengapresiasi MPR yang menyosialisasi Empat Pilar ke kampus.

"Generasi muda sangat rentan disusupi pemahaman-pemahaman aneh. Pemahaman yang betul Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika akan bisa membentengi generasi muda dari pengaruh pemahaman lain yang sempit dan tidak jelas," katanya.

Pewarta: Try Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016