Jakarta (ANTARA News) - Rektor Perbanas Institute Profesor Marsudi Wahyu Kisworo mengatakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat menjadi salah satu jalan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi.

"Untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dapat dilakukan dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik termasuk di dalamnya sektor UMKM," ujar Marsudi di Jakarta, Kamis.

Sektor UMKM, lanjut dia, hal tersebut tidak dapat dilakukan sektor UMKM tanpa bantuan pemerintah serta sektor perbankan. Sektor perbankan, kata dia, memiliki peran yang sangat penting dan strategik dalam mendukung perkembangan sektor UMKM, terutama dalam pembentukan, perluasan, dan pengembangan usaha.

Dia menjelaskan pemerintah sudah mempunyai program untuk mendorong pengembangan sektor UMKM seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Industri perbankan melirik industri UMKM sebagai salah satu mitra penting dalam pengembangan perekonomian Indonesia sehingga perlu dirangkul dan dibina secara serius," katanya.

Tujuannya antara lain peningkatan akses pada sumber pembiayaan, pengembangan kewirausahan, peningkatan pasar produk UMKM dan koperasi.

Berbicara dalam seminar perbankan nasional beberapa waktu lalu, dia mengatakan UMKM diharapkan dapat menjadi industri sanggup mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang paling bertahan dalam kondisi krisis.

"Kami terus mendorong tumbuhnya pelaku UMKM dari kalangan kampus, untuk menyukseskan program pemerintah. Meskipun saat ini, kondisi perekonomian sedang tidak stabil," ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah jumlah UMKM periode 2011-2012 dan 2012-2013 relatif tidak bergerak di angka 32.982 unit.Meskipun demikian, dia berharap jumlah UMKM tidak hanya berhenti pada titik tersebut tapi terus tumbuh.

(T.I025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016