Bangkok (ANTARA News) - Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mendapat apresiasi dari maskapai penerbangan Air Asia. Tontowi/Liliyana dihadiahi tiket pesawat gratis seumur hidup, kapanpun dan kemanapun di 120 destinasi Air Asia, termasuk ke Australia dan Jepang.

Penyerahan hadiah dilakukan langsung oleh Group CEO Air Asia Tony Fernandes Kamis, di Bangkok, Thailand dalam acara bertajuk ASEAN Heroes 2016 ini, yang juga dihadiri para peraih medali emas, perak dan perunggu dari berbagai negara di ASEAN seperti Thailand, Malaysia dan Vietnam.

"Pencapaian atlet-atlet negara-negara ASEAN begitu memukau di Olimpiade Rio 2016. Kami berharap apresiasi ini akan memotivasi atlet yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020, serta memacu 700 juta masyarakat ASEAN untuk mengejar mimpi untuk berprestasi," kata Fernandes, seperti dikutip Badmintonindonesia.org.

"Kami tahu sulitnya perjuangan seorang atlet menuju juara, mulai dari mencari sponsor, cari bantuan dari pemerintah, makanya kami ingin memberikan support agar atlet-atlet di negara ASEAN bisa meraih lebih banyak lagi medali di Tokyo," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan mengatakan, "Ini merupakan sebuah apresiasi yang sangat luar biasa dari Air Asia, juga merupakan bentuk perhatian kepada atlet-atlet berprestasi yang sudah mengharumkan nama negara dan tentunya regional ASEAN di arena sebesar olimpiade.

Sementara itu, Tontowi/Liliyana awalnya mengaku tidak percaya akan mendapat hadiah istimewa ini.

"Awalnya tahu dari wartawan, kemudian saya posting di Instagram dan mempertanyakan apakah ini benar. Tak disangka-sangka langsung dibalas sama Tony Fernandes, beliau mengiyakan sekaligus menjelaskan soal hadiah ini, baru kemudian kami mendapat email resmi dari beliau. Top banget hadiahnya," ujar Liliyana.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Tony Fernandes dan Air Asia atas apresiasi ini, kami sangat menghargainya. Semoga kedepannya banyak pengusaha yang juga memberi perhatian kepada atlet Indonesia yang berprestasi," tambah Tontowi.

Selain Tontowi/Liliyana, dua peraih medali perak di cabang angkat besi, Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni juga mendapatkan hadiah terbang gratis selama lima tahun. Pada kesempatan tersebur, Eko dan Sri berhalangan hadir di Bangkok. Dari cabang bulutangkis, tiga peraih perak dari Negeri Jiran Malaysia juga dihadiahi tiket gratis selama lima tahun, mereka adalah Lee Chong Wei, Goh V Shem/Tan Wee Kiong serta Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Sedangkan peraih perunggu mendapat tiket gratis selama tiga tahun.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016