Jakarta (ANTARA News) - Aktris Hollywood Meg Ryan untuk pertama kalinya berada di belakang kamera sebagai sutradara "Ithaca", drama Perang Dunia II di mana ia menggunakan insting kebibuan dalam menuturkan cerita.

Film yang diangkat dari novel "The Human Comedy" karya William Saroyan itu berkisah tentang remaja yang ingin membantu ibunya yang telah janda dengan bekerja sebagai pengantar pesan.

Tak lama setelah itu, dia mendapat pelajaran hidup yang berat saat mengirim pesan untuk keluarga yang kehilangan orang terkasihnya dalam perang.

"Saya merasa ini benar-benar, dalam bagian DNA yang terdalam, sebuah cerita yang saya merasa harus menuturkannya dari sudut pandang keibuan," kata Ryan dalam satu wawancara.

"Dan saya rasa ini sederhana... ini narasi sederhana tentang hal yang rumit."

Bintang film "When Harry Met Sally" itu mengatakan ia terkejut saat menyadari betapa dia menyukai peran sebagai sutradara.

"Keakraban yang kau rasakan dengan setiap hal dalam film saat kau menyutradarainya...membuatmu menyukainya," katanya.

"Selama ini saya paling tegas saat menjadi ibu, dan rupanya juga sebagai sutradara, untuk berusaha melindungi para artis yang membantu saya."

Tom Hanks, yang menjadi lawan main Ryan di "Sleepless in Seattle" dan "You've Got Mail", mendapat peran kecil dalam "Ithaca", yang dirilis Jumat ini di Amerika Serikat.

"Dia tidak butuh banyak arahan," kata Ryan sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.


Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016