Palu (ANTARA News) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengajak umat Islam di daerah tersebut agar memaknai dan mengimplementasikan nilai-nilai Kurban untuk kerukunan antar umat beragama.

Ketua MUI Kota Palu, Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag, di Palu, Sabtu, menyatakan hari raya qurban pada hari pelaksanaan Idul Adha yang jatuh pada Senin (12/9), menjadi modal besar untuk memupuk persaudaraan antara sesama manusia.

"Hari Raya Kurban yang ditandai dengan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan yang sehat serta tidak cacat, tidak hanya menjadi kewajiban umat Islam yang telah mampu," ungkap Prof. Zainal Abidin.

Olehnya, kata Zainal Abidin, hari raya kurban tidak dapat dimaknai sebatas kewajiban bagi mereka yang telah mampu untuk melaksanakan hal itu, tetapi mereka yang telah mampu dan yang belum mampu dapat memanfaatkan momen tersebut dengan memperbaiki silaturahmi.

Dengan demikian, urai dia, sesama muslim dapat saling memberi daging kurban untuk memperkuat hubungan kemanusian, bahkan daging kurban dapat diberikan kepada mereka tetangga non muslim.

"Berkurban pada Idul Adha tidak sebatas penyembelihan hewan untuk memenuhi kewajiban. Akan tetapi akan lebih baik jika niat berkurban tersebut turut serta diikutkan dengan upaya untuk memperbaiki silaturahmi," ujarnya.

MUI, lanjut dia, menganjurkan umat Islam di daerah tersebut yang telah mampu untuk segera berkurban sesuai dengan kesanggupannya, dengan melaksanakan syarat dan rukunnya dengan baik.

Sementara itu Kepala Sub bagian (Kasubag) Pembinaan Mental dan Spiritual Setda Kota Palu, Abd Hafid Jakatare, menguraikan pemerintah setempat telah mengumpulkan 7 ekor hewan yang akan dikurbankan pada Hari Raya Kurban.

"Sampai dengan saat ini hewan yang akan dikurbankan pada Idul Adha kurang lebih 7 ekor hewan, yang berasal dari jajaran pemerintah Kota Palu," urai Abdul Hafid.

Tujuh ekor hewan ternak yang akan di sembelih pada hari raya Kurban tersebut masing-masing berasal dari sumbangan Dinas Kesehatan, 1 ekor Sapi dan 1 ekor kambing, selanjutnya Bank BNI Cabang Palu, 1 ekor sapi. Kemudian 2 ekor sapi lainnya, berasal dari sumbangan 14 pejabat di lingkup Pemkot Palu.

Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Perindagkop Kota Palu, turut menyumbang masing-masing 1 ekor sapi, sehingga total hewan ternak sapi yang disembelih 6 dan 1 kambing.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016