Bandung (ANTARA News) - PT Pos Indonesia (Persero) menerbitkan sekaligus mendistribusikan prangko seri PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 Jawa Barat keseluruh Indonesia.

"Prangko seri PON XIX dan Peparnas XV sangat ditunggu oleh masyarakat, khususnya penggemar filateli. Peluncuran perangko seri ini rutin sekaligus menjadi dokumen sejarah PON dan Peparnas," kata Vice Presiden Konsinyasi dan Filateli PT Pos Indonesia Munawar Aini di Bandung, Minggu.

Selain meluncurkan prangko seri PON dan Peparnas pada Jumat (9/9) juga diluncurkan sampul hari pertama dari perangkot itu.

Prangko seri PON dan Peparnas itu bergambar maskot PON yakni primata Surili dalam aktivitas menggambarkan 12 cabang olahraga yang mewakili olahrga air, kedirgantaraan, terukur, bela diri dan olahraga permainan.

Sementara itu desainer prangko seri PON dan Peparnas, Anwar Firdaus menyebutkan, maskot PON menjadi subyek dari gambar di perangko itu yang dikombinasikan dengan latar belakang lokasi atau tempat pertandingan cabang olahraga itu.

"Ada 12 gambar cabang olahraga dalam prangko itu, sedangkan nominalnya Rp3.000," kata Anwar.

Peluncuran prangko itu merupakan bagian dari memeriahkan dan mendukung pelaksanaan PON XIX/2016 Jabar. Selain itu PT Pos Indonesia selalu mencetak perangko peringatan, yang mana September ini mencetak dan meluncurkan prangko peringatan PON dan Peparnas yang digelar di Jawa Barat.

"Prangko itu bisa didapat di Kantor Pos di seluruh Indonesia, dan juga bisa di beli online www.filateri.co.id," kata Munawar Aini menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016