Rabu, 18 Oktober 2017

Mengenal pewarna tumbuhan di Zhou Ye Cottage Taiwan

| 3.623 Views
Mengenal pewarna tumbuhan di Zhou Ye Cottage Taiwan
Sertifikat halal Taiwan (ANTARA News/Tasrief Tarmiji)
Jakarta (ANTARA News) - Jika anda berkunjung ke Taiwan, ada satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan wisatawan yakni mewarnakan sendiri sapu tangan di Zhou ye Cottage Farm, kota Maoli, Taiwan.

Kerajinan tangan ini menggunakan sejenis tumbuhan hijau yang diproses sebagai pewarna tumbuhan yang tumbuh di kawasan sekitar dan dikenal sebagai pewarna biru indigo.

Untuk proses pembuatan corak kerajinan tangan ini. Anda memerlukan kain, stik kayu, dan karet gelang. Selanjutnya, mengikatkan kayu atau mengikat gelang karet pada kain untuk mendapatkan corak yang disukai.

Selanjutnya, kain dibasahkan dan memulai proses pencelupan dalam pewarna tumbuhan. Proses pencelupan dan pembilasan ini minimal dilakukan empat hingga enam kali hingga kain tidak luntur. Proses pencelupan ini perlu kesabaran untuk memastikan kain tidak luntur. Selain sapu tangan, pencelupan jika bisa dilakukan untuk tas, dan baju. 

Zhuo Ye Cottage termasuk dalam Taiwan Muslim Friendly Leisure Farms. Liesure Farm ini telah mendapat sertifikat dari "The Chinese Muslim Association" dalam menyediakan makanan halal bagi wisatawan muslim.

Kunjungan lainnya yang menarik di Taiwan yakni Toucheng Leisure Farm, sebuah kawasan wisata pertanian. Anda bisa melihat kebun dan sawah sebagai upaya menjaga kelestarian alam. Selain itu, tempat ini memiliki aktivitas menarik seperti membuat lampion yang diterbangkan ke udara, mewarnai sendiri kemeja dengan bahan alami dari daun.

Satu kawasan yang menarik adalah Forest 18 Leisure Farm memiliki aktivitas menarik yakni membuat lotion anti nyamuk sementara di Sanfu Leisure Farm yang menampilkan kopi berwana ungu.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga