Sabtu, 19 Agustus 2017

Okky Asokawati ingatkan desainer untuk ikut e-commerce

| 5.565 Views
Okky Asokawati ingatkan desainer untuk ikut e-commerce
Peragaan Busana Muslim Model memperagakan busana muslim karya desainer Itang Yunasz, pada kegiatan "Minangkabau Fashion Festival", di Hotel Bumiminang, Padang, Sumatera Barat, Senin (23/5/2016). (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Jakarta (ANTARA News) - Okky Asokawati menganjurkan pelaku usaha busana muslim bergabung dengan e-commerce untuk altenatif mendapatkan pasar baik itu domestik ataupun bahkan luar negeri.

"Untuk bisa menembus pasar luar negeri selain mengikuti pameran-pameran di luar negeri yang berbiaya tidak sedikit, maka e-commerce adalah alternatif yang sangat mumpuni," tutur dia kepada ANTARA News melalui pesan singkatnya, Sabtu (10/9).

Okky mengakui kesulitan mendapatkan akses yang lebih luas dan terstruktur baik ke pasar domestik maupun global menjadi tantangan terbesar penggiat UKM di Indonesia.

Untuk itu, demi memfasilitasi desainer, Okky belum lama ini, bersama sejumlah rekannya antara lain Itang Yunasz, Ghea Panggabean, Norma Hauri, Silka Mitrasari, dan beberapa desainer muda lainnya, menggagas sebuah lini busana buslim, Kriya.

Lini ini diharapkan bisa membantu desainer menembus pasar busana muslim Indonesia dan luar negeri yakni Turki, Timur Tengah, serta beberapa negara di Afrika, disamping pasar Asia Tenggara sendiri seperti Malaysia dan Brunei Darusalam.

"Karena pengalaman saya sebagai Duta Koperasi waktu tahun 2008 itu mereka (desainer) mengalami kesulitan untuk memasarkan produk-produknya. Lalu, desainer juga dengan senang hati bergabung karena ingin memperluas pasar," tutur Okky yang juga legislator Komisi IX DPR itu.

Kepercayaan Okky pada industri e-commerce salah satunya didasari fakta semakin maraknya penggunaan gadget saat ini.

"Tren nya dari waktu ke waktu naik seiring dengan semakin pemakaian gadget yang semakin mendunia," kata dia.

"Pasar dalam negeri tetap yang utama, karena populasi kita yang besar. Namun mereka (para desainer) juga paham bahwa peluang untuk menembus pasar internasional bisa digapai dengan cara bergabung di e-commerce," imbuh Okky.

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga