Solo (ANTARA News) - Ratusan warga dengan antusias menerima pembagian daging kurban di sejumlah tempat di Kelurahan Kauman, Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah, Senin.

Berdasarkan pantauan di Mushalla Putri Yasinan di RT02/RW02, Kauman, Kota Solo, ratusan orang antre di depan pintu untuk menerima paket daging kurban yang dibagian setiap tahun pada Idul Adha.

Menurut Ketua Wanita Islam Kauman Siti Anggraini Purwanti, kegiatan pembagian daging kurban di wilayah Kauman termasuk Mushalla Putri Yasinan dilaksanakan serentak pada pukul 13.30 WIB.

Hal tersebut, katanya, agar masyarakat tidak menerima secara dobel, karena di Kauman ada sembilan titik pembagian daging kurban.

Siti menjelaskan kegiatan pemotongan hewan kurban yang dilakukan komunitas Wanita Islam yang digelar di Mushalla Puri Yasinan itu, sudah sejak 25 tahun lalu.

"Kami hewan kurban tahun ini sebanyak tiga sapi dan 14 kambing. Pembagian kepada warga dengan cara memberikan tanda tinta dijarinya, seperti saat pemilu," kata Siti.

Masyarakat juga menyambut antusias pembagian daging kurban di Masjid Agung di Alun-Alun Keraton Kelurahan Kauman, Solo. Meskipun dengan antrean panjang, mereka bersabar untuk mendapatkan satu paket daging kurban seberat sekitar 2,5 kilogram.

Menurut Ketua Pengurus Masjid Agung Keraton Kauman Muhtarom Masjid Agung tahun ini menyembelih hewan kurban delapan ekor sapi dan 22 ekor kambing, termasuk satu ekor sapi dari Presiden Joko Widodo seberat 1,2 ton.

Dia mengatakan jumlah hewan kurban tersebut mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang enam ekor sapi dan 28 ekor kambing.

"Kami tahun ini, mendapat bantuan seekor sapi dari Bapak Presiden Jokowi, yang ukurannya besar yakni bobotnya 1,2 ton, sehingga proses pemotongan perlu waktu lama dibanding sapi lainnya ukuran sedang," katanya.

Dia mengatakan Jokowi sejak menjadi Wali Kota Surakarta rutin memberikan hewan kurban ke Masjid Agung Solo. Pada tahun sebelumnya bobotnya mencapai 0,870 ton dan tahun ini 1,2 ton.

Dia menjelaskan pembagian daging kurban di Kelurahan Kauman dilakukan serentak pukul 13.30 WIB untuk mengantisipasi agar masyarakat menerima secara merata.

"Masyarakat dengan pembagian serentak itu, supaya antrean warga tidak berdesak-desakan di salah stau titik saja, tetapi di sembilan titik," katanya.

Dia mengatakan di Kauman ada enam mushalla dan tiga masjid, termasuk Masjid Agung. Masjid Agung akan memberikan pasokan daging kurban ke mushalla-mushalla atau masjid yang dirasakan masih kurang dalam pembagiannya.

"Kami ada ribuan paket yang disiapkan untuk membantu pasokan ke mushalla-mushalla yang masih membutuhkan paket daging. Kami dalam membagikan daging kurban tidak menggunakan kupon, tetapi langsung dibagikan saja setiap orang satu paket," kata Muhtarom.

Hasan (50), salah satu warga Kauman, mengaku antre sejak Senin siang untuk mendapatkan satu paket daging sapi dari Mushalla Putri Yasinan.

Ia mengaku merasa terbantu dengan adanya pembagian daging kurban itu.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016