Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, kajian proyek pembangunan "national capital integrated coastal development" (NCICD) atau tanggul laut raksasa akan rampung pada Oktober 2016.

"Masih berlangsung (kajiannya). Belum ada kesimpulan, karena kita minta waktu sampai akhir Oktober untuk bisa nanti melaporkan ke Presiden," ujar Bambang di Jakarta, Rabu.

Proyek NCICD dibagi dalam tiga tahap. Tahap A merupakan penguatan sistem tanggul laut dan sungai yang telah ada, di mana pembangunannya ditargetkan selesai pada 2017.

Sedangkan tahap B, pembangunan tanggul laut lepas pantai di bagian barat Teluk Jakarta mulai 2018 hingga 2025. Kemudian tahap C, pembangunan tanggul laut lepas pantai di bagian timur Teluk Jakarta, yang dikerjakan setelah 2025.

Pada tahap B dan C tersebut, rencananya akan ada reklamasi lahan dan pembangunan 17 pulau.

Kajian dari Bappenas sangat penting karena menentukan desain dan jarak pulau reklamasi dari daratan. Nantinya, pengembang wajib menyusun izin lingkungan dengan mempertimbangkan tanggul laut.

Namun, Bambang menekankan, bukan reklamasi pulau yang menjadi fokus perhatian, melainkan kebutuhan pembangunan tanggul raksasa, mengingat intrusi air laut dari Jakarta Utara sudah sampai ke kawasan Monumen Nasional (Monas).

"Jadi di Monas itu airnya sudah tercampur air asin, jadi sangat bahaya buat Jakarta ke depan. Apalagi dengan kondisi perubahan iklim, ombak makin tinggi dan sering sekali banjir rob di Jakarta Utara. Jadi perlu dibangun giant sea wall," tutur Bambang.

Bambang juga mengemukakan, melalui tanggul raksasa tersebut, selain untuk mencegah terjadinya banjir dan intrusi air lau, nantinya juga diharapkan dapat menjadi sumber air baku bagi penduduk Jakarta.

"Nanti Teluk Jakarta itu ditembok, air yang ke arah daratan itu bisa jadi sumber air baku kita. Akan membantu penyediaan air minum di Jakarta. Jadi itu manfaat dari giant sea wall," ujarnya.

Terkait dengan pernyataan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan bahwa proyek pengurukan Teluk Jakarta dapat diteruskan, Bambang menjawab diplomatis.

"Saya tidak tahu kalau beliau ada sumber lain. Tapi Bappenas itu tugasnya tadi, meneliti dan mengkaji pentingnya giant sea wall untuk Jakarta," imbuhnya.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016