Quito (ANTARA News) - Pendiri WikiLeaks Julian Assange sepakat untuk menjawab pertanyaan dari penyidik Swedia dalam penyelidikan tuduhan pemerkosaan yang dialamatkan kepadanya mulai 17 Oktober di Kedutaan Besar Ekuador di London menurut keterangan pejabat pengadilan Ekuador, Selasa (13/9).

Pria Australia itu berlindung di Kedutaan Besar Ekuador sejak Juni 2012, ketika dia mengungsi untuk menghindari ekstradisi ke Swedia guna menjalani pemeriksaan oleh polisi dalam kasus pemerkosaan.

Jaksa Ekuador Wilson Toainga mendapat tugas mencatat pernyataan Assange dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah terlebih dahulu diajukan oleh pejabat Swedia, yang akan hadir selama proses itu.

"Toainga akan mencatat pernyataan berdasarkan daftar pertanyaan yang diajukan oleh Kementerian Kehakiman Swedia" menurut Kejaksaan Ekuador, menambahkan bahwa ia juga bertanggung jawab untuk "kemungkinan mengambil sampel cairan tubuh" dari Assange.

Dua pejabat Swedia, jaksa Ingris Isgren dan polisi Cecilia Redell, sudah diberi kewenangan untuk menghadiri proses yang akan dimulai 17 Oktober itu menurut pernyataan Kejaksaan Ekuador yang dikutip AFP.

Kantor Jaksa Agung Ekuador menyatakan bahwa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Swedia tidak perlu diserahkan kepadanya pada hari yang sama.

Jaksa Swedia yang dihubungi AFP pada Selasa tidak mengomentari pengumuman dari Ekuador tersebut.

Assange (45), yang membantah tuduhan pemerkosaan itu, takut Swedia akan menyerahkan dia ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan menerbitkan dokumen-dokumen diplomatik dan militer Amerika Serikat.

Dia sebelumnya menyambut ide kejaksaan Swedia mendatanginya di London untuk meminta keterangannya.

Pada Mei pengadilan Swedia menegaskan kembali perintah penangkapan internasional terhadap Assange, menolak temuan kelompok kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa bahwa pengurungannya di kedutaan Ekuador sama dengan penahanan sewenang-wenang.

Inggris juga menolak temuan kelompok PBB yang tidak mengikat itu. Pengadilan Swedia dijadwalkan memutuskan perintah penangkapannya pada Jumat. (ab)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016