AsiaNet 65754

SHANGHAI, Tiongkok, 15 September 2016 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Sejak Mei lalu, UnionPay International dan Bangkok Bank telah bekerjasama menerbitkan 600.000 kartu UnionPay-TPN, merek kartu debit lokal pertama di Thailand. "Bangkok Bank telah menerbitkan 14 juta kartu debit secara keseluruhan, dan semua kartu tersebut akan dikonversikan menjadi kartu berstandar TPN (Thai Payment Network) UnionPay," ujar President Bangkok Bank, Chartsiri Sophonpanich. Sophonpanich baru saja mendapatkan penghargaan Shanghai Magnolia Silver Award, penghargaan yang didedikasikan kepada warga asing yang memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan sosial ekonomi Shanghai.

Pada bulan Februari, TPN, yang dikembangkan berdasarkan standar teknis UnionPay, telah resmi diluncurkan. TPN dikembangkan bersama-sama oleh UnionPay International, Bangkok Bank, dan beberapa bank lokal terkemuka lainnya. Berdasarkan sistem, Thailand telah mengembangkan merek kartu debitnya sendiri, TPN, dan mulai menerbitkan kartu UnionPay-TPN berstandar UnionPay. Selain itu, Thailand adalah negara pertama di luar Tiongkok daratan yang telah mengadopsi standarisasi UnionPay sebagai standarisasi kartu chipnya. Ini semua menjadi tonggak berdirinya kerjasama industri pembayaran yang saling menguntungkan antara kedua negara.

Kini, Bank of Thailand berkomitmen untuk membangun industri pembayaran elektonik Thailand. Menurut Sophonpanich, merupakan solusi yang tepat Bangkok Bank mengadopsi teknologi dan kapabilitas inovatif UnionPay untuk membangun jaringan pembayaran lokal. "Pengalaman UnionPay International yang sangat kaya di sektor pembayaran mobile dan e-commerce dapat membantu meningkatkan efisiensi dan tingkat pelayanan industri pembayaran Thailand," ujarnya.

Sophonpanich sebelumnya telah cukup lama melanglangbuana di negeri tirai bambu tersebut. Pada 2009, kantor pusat Bangkok Bank (Tiongkok) didirikan di Shanghai, dan bank ini merupakan satu-satunya bank asal Thailand di Tiongkok. Pada 2014, Bangkok Bank membuka kantor cabang di Zona Perdagangan Bebas, dan lebih jauh terlibat di dalam pembangunan ekonomi Shanghai. Kini, Bangkok Bank memiliki enam kantor cabang di Shanghai, Beijing, Xiamen, Shenzhen, Chongqing, dan Shanghai Free Trade Zone.

Sophonpanich mengatakan, Bangkok Bank akan terus membantu perusahaan-perusahaan Tiongkok berinvestasi di Thailand dan di negara-negara ASEAN dan, begitupun sebaliknya, siap untuk mendorong investasi dari Thailand dan negara-negara ASEAN ke Shanghai. Dengan diimplementasikannya Jalur Sutera Modern, Bangkok Bank akan terus memainkan perannya sebagai penghubung antara Tiongkok dan negara-negara ASEAN.

Untuk informasi lebih lanjut: http://www.unionpayintl.com/

Sumber: UnionPay International

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016