Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi, Simon Collis, memutuskan menjadi muslim dan melaksanakan ibadah haji beberapa waktu setelahnya.

Keputusan itu sekaligus menjadikannya duta besar Inggris pertama yang memeluk Islam. Kabar ini mengemuka pertama kali melalui cuitan penulis dan aktivis perempuan, Fawziah Albakr melalui akun Twitter-nya @fawziah1, beberapa waktu lalu.

Dalam cuitan berbahasa Arab, Fawziah menuliskan ucapan selamat kepada Collis dan istrinya, Huda Mujarkech.

Dia juga menyematkan foto pasangan suami istri itu saat menjalankan ibadah haji.

"Duta Besar Inggris pertama untuk Saudi Arabia setelah menjadi mualaf: Simon Collins bersama istrinya Huda di Mekah. Terima kasih ya Allah," tulis dia.

Ucapan selamat juga datang dari Putri Basmah binti Saud.

Dia berharap Collis dan istrinya bisa menjalani kehidupan barunya sebagai muslim.

"Selamat pada Duta Besar dan istrinya. Semoga Allah menerima dan memberkahi mereka. Semoga mereka menjalani keputusannya dengan serius," cuit Basmah melalui akun Twitternya.

Sang dubes, melalui akun Twitter-nya@HMASimonCollis lantas menghaturkan ucapan terima kasih.

Dia mengatakan, sebelum menikah dengan Huda, dia telah tinggal di lingkungan masyarakat muslim selama 30 tahun.

Collis menjabat dubes untuk Arab Saudi sejak 2015. Sebelumnya, pria yang memang mahir berbahasa Arab itu pernah bertugas sebagai dubes Irak (2012-2014), Suriah dan Qatar. Dia juga pernah bekerja untuk Kementerian Luar Negeri Inggris serta menjabat sebagai konsulat jenderal di Dubai, New Delhi dan Amman.



Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016