London (ANTARA News) - Bekas personel The Beatles, Sir Paul McCartney dan Ringo Starr, reuni dengan berjalan bersama Kamis waktu setempat demi pemutaran perdana film dokumenter karya peraih Oscar Ron Howard mengenai "Fab Four" (julukan empat personel Beatles) selagi tur dunia pada 1960-an.

Duet penulis lagu sekaligus penyanyi dan drummer itu di karpet biru Lapangan Leicester di London untuk pemutaran perdana "The Beatles: Eight Days a Week - The Touring Years", yang menarik perhatian para penggemar, termasuk selebritis seperti Madonna, Eric Clapton, Bob Geldof dan Liam Gallagher.

Film dokumenter ini menjejak tahun-tahun tur band itu manakala McCartney, Starr, bersama dengan mendiang John Lennon dan George Harrison, digila-gilai penggemar seluruh dunia.

Film dokumenter ini menampilkan penampilan perdana mereka di Cavern Club di kota asal mereka, Liverpool, aksi panggung mereka di seluruh dunia dan konser tur terakhir mereka pada 1966 di San Francisco.

"Kami semua senang, ini juga yang pertama bagi kami berdua," kata Starr mengenai dokumenter yang banyak menggunakan arsip foto, video dan rekaman suara band legendaris itu.

Howard mengaku menerima sokongan McCartney dan Starr untuk filmnya ini, termasuk juga dari janda Lennon dan Harrison, yakni Yoko Ono dan Olivia Harrison, yang keduanya menghadiri penayangan perdana film dokumenter itu.

Sutradara yang terkenal lewat film "The Da Vinci Code", "A Beautiful Mind" dan "Apollo 13" itu menyatakan membuat film dokumenter adalah pengalaman besar.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016