Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi X DPR RI Noor Achmad berharap Kementerian Riset Keknologi dan Pendidikan Tinggi dapat memperbanyak beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) untuk mahasiswa berprestasi.

“Indikatornya sudah jelas, yakni berdasarkan prestasi akademik (IPK-red),” kata Noor saat berkunjung ke Universitas Sumatera Utara, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jumat (16/9).

Ia mendapat keluhan sekaligus masukan dari universitas tersebut bahwa mereka mendapat kuota beasiswa PPA yang sangat minim namun memiliki banyak mahasiswa berprestasi.

Beasiswa PPA sangat penting untuk meningkatkan kualitas kompetisi ke depan dan akan diisi oleh orang-orang atau generasi unggul seperti itu sehingga bangsa akan siap dalam menghadapi persaingan global mendatang.

"Artinya mereka yang mendapatkan beasiswa merupakan orang-orang yang benar-benar berprestasi. Dengan begitu ke depan kompetisi akan diisi oleh orang-orang yang berprestasi juga. Hal ini sangat baik bagi bangsa ini dalam menghadapi persaingan global,"tambah politikus dari Fraksi Partai Golkar ini.

Wakil Rektor I USU Rosmawati dan Wakil Rektor II USU Muhamad Fidel Ganis Siregar menyampaikan bahwa tahun 2016 jumlah penerima beasiswa PPA di perguruan tinggi tersebut berjumlah 1000 orang sedangkan jumlah keseluruhan mahasiwa USU 49.091 mahasiswa. 

Jumlah penerima beasiswa PPA di USU dapat bertambah mengingat jumlah mahasiswa berprestasi di kampus tersebut cukup banyak.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016