Jakarta (ANTARA News) - Perempuan masa kini lebih makin rentan diterpa rasa gelisah, bahkan hingga dua kali lipat dibandingkan pria, kata penelitian terbaru.

Perempuan di bawah 35 tahun berpeluang lebih besar mengalaminya kegelisahan dibandingkan generasi lebih tua.

Seperti dilansir Huffington Post, berikut adalan enam kiat bagi perempuan milenial untuk menghadapi dan mencari solusi atas rasa cemas yang dialaminya.

1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Kita boleh terinspirasi orang lain agar bisa berubah menjadi lebih baik, namun hati-hati bila melihat orang lain justru membuat kita jadi rendah diri. Media sosial berperan besar dalam hal ini, di mana kita semua bersalah karena hanya memamerkan segala hal positif dalam hidup kita. 

 Media sosial membuat kita membandingkan diri sendiri dengan orang yang kita pikir lebih baik dari kita. Hal ini juga membuat kaum Hawa turut tertekan.

2. Fokus pada diri sendiri

Fokus pada diri sendiri, siapa kita, apa yang kita punya dan bisa kita lakukan. 

3. Menjalin pertemanan

Salah satu cara terbaik menumpas rasa cemas soal karir adalah menghargai bahwa setiap orang punya kemampuan yang berbeda-beda, belajar untuk bekerjasama dan mendukung satu sama lain.

4. Jangan galau karena banyak pilihan

Salah satu masalah yang dihadapi perempuan milenial adalah paradoks pilihan, kita punya banyak kesempatan dibanding dulu, tapi itu membuat kita takut salah memilih. Akhirnya, ada keinginan untuk mengambil semua kesempatan. Tidak perlu memilih semuanya, prioritaskan mana yang paling penting. 

5. Ambil sisi positif dari rasa cemas

Cemas adalah perasaan yang wajar, tapi itu jadi masalah ketika terjadi setiap hari dan mencegahmu melakukan hal yang kau mau. Bila dialami dalam dosis kecil, rasa cemas bisa mendorong Anda melakukan hal yang terbaik.

6. Jangan takut gagal

Rasa takut gagal menahan kita untuk mencoba sesuatu dan menantang diri kita sendiri. 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016