Bandung (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo yang tiba di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gede Bage, Bandung untuk meresmikan pembukaan PON XIX dan Peparnas XV mengenakan ikat kepala Sunda dalam acara tersebut.

Menurut pantauan Antara di Bandung pada Sabtu malam, Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan kemeja seragam PON XIX dan Peparnas XV berwarna biru dengan kain batik di bagian dada atas.

Pembukaan yang dimulai pada sekitar pukil 19.30 WIB itu dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah itu, Presiden menyaksikan pesta kembang api warna warni dengan latar bulan purnama di angkasa yang cerah.

Kemeriahan pembukaan juga ditampilkan oleh ratusan anak yang memperagakan seni musik "tatalu" dengan menggunakan stik dengan LED menyala berwarna-warni.

Usai "tatalu", Presiden dan pengunjung GBLA juga menyaksikan defile kontingen atlet-atlet peserta PON XIX dan Peparnas XV.

Mulai dari Provinsi Aceh hingga Papua turut dalam defile dengan membawakan karakter seni masing-masing.

Usai melakukan defile di depan podium presiden, kumpulan para atlit berbaris di tengah lapangan GBLA untuk mengikuti prosesi pembukaan.

Para penonton yang hadir larut dalam kemeriahan dengan beberapa diantaranya menyalakan lampu flash dari kamera telepon selularnya.

Presiden Joko Widodo direncanakan memberi sambutan pembukaan pada akhir acara.

Sebelumnya, pada Sabtu siang Jokowi mengatakan perhelatan PON dapat menjadi tempat binaan bagi atlet-atlet Indonesia untuk mencapai tingkat kompetisi olah raga yang lebih tinggi di tataran global.

PON XIX tersebut diharapkan Presiden melahirkan atlet-atlet terbaik di berbagai cabang olah raga.

Dalam acara itu, Kepala Negara didampingi oleh Menko Polhukam Wiranto, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016