Bandung (ANTARA News) - Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung bersama unsur petugas terkait lainnya melakukan pencarian terhadap seorang atlet gantole asal Sumatera Barat yang dilaporkan hilang saat kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat di Kabupaten Sumedang, Minggu sore.

Humas dan Protokoler Basarnas Bandung, Joshua, mengatakan tim pencarian sudah diterjunkan untuk mencari atlet tersebut.

"Sedang di searching oleh tim rescue, Basarnas menurunkan tiga tim sekaligus," kata Joshua.

Ia mengatakan atlet asal Sumatera Barat Rizal Fatoni itu mengalami masalah akibat faktor cuaca buruk sekitar pukul 16.00 WIB.

"Peserta asal Sumbar atas nama Rizal Fatoni mengalami trouble karena faktor cuaca yang buruk," katanya.

Ia menyampaikan peserta sempat mengeluarkan parasut cadangan ketika menyadari mengalami kendala.

Peserta tersebut membuka parasut cadangannya di kawasan perbatasan daerah antara Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Garut atau ke arah Kecamatan Limbangan di Garut.

"Tim di venue telah mengejar peserta tersebut, tim Kantor SAR Bandung juga telah diberangkatkan untuk mengejar yang bersangkutan," katanya.

Selain melakukan pencarian, kata Joshua, tim Basarnas Bandung juga melaporkan kejadian tersebut ke polsek sekitar yakni Nagreg di Kabupaten Bandung dan Limbangan di Garut.

Ia berharap koordinasi dengan kepolisian itu dapat membantu proses pencarian peserta apabila ada laporan dari masyarakat.

"Kepada masyarakat kami minta menginfokan ke Polsek Nagreg atau ke Polsek Limbangan agar bilamana ada laporan dari warga bisa ditindaklanjuti," kata Joshua.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016