Palembang, 19 September 1952 (Antara) - Mendjelang panen lada jang akan datang ini, sekarang tanaman lada didaerha Bangka pada umumnja mendapat serangan penjakit jang sangat berbahaja, jaitu apa jang dinamakan penjakit kuning.

Pohon lada jang kena penjakit tsb daunnja segera mendjadi kuning dan mati. Nama penjakit ini didaerah tsb djuga disebut penjakit "mati budjang".

Selain dari didaerah Bangka, didaerah Lampong Utara djuga ada timbul penjakit kuning, tetapi tidak begitu hebat seperti di Bangka. Didaerha Lampong Utara hanja sebagian ketjil sadja dari tanaman lada diserang penjakit itu, tapi di Bangka sebagian besar tanaman diserang.

Tentang adanja penjakit ini oleh pihak resmi sudah disampaikan kepada Balai Penjelidikan Penjakit2 Tanaman di Bogor, tetapi kabarnja sampai sekarang Balai tsb belum dapat menemukan kesimpulan jang terachir tentang penjakit tsb dan apa obatnja.

Sebagaimana diketahui lada adalah merupakan satu bahan ekspor jang tinggi harganja dan banjak dihasilkan didaerah Bangka dan Lampung.

Sumber: Pusat Data dan Riset ANTARA //pdra.antaranews.com/Twitter: @perpusANTARA

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016