Niamey (ANTARA News) - Tujuh politikus oposisi Niger, termasuk seorang mantan menteri, dibebaskan dari penjara, Minggu (18/9), setelah mendekam di balik jeruji besi selama 10 bulan, demikian menurut keterangan partai oposisi.

Ketujuh politikus, termasuk mantan menteri kesehatan Soumana Sanda, merupakan rekan mantan ketua parlemen Hama Amadou, yang menjadi runner-up dalam pemilu presiden pada Maret silam.

"Soumana Sanda dan enam narapidana lain sudah dibebaskan dari penjara pagi ini setelah menjalani masa penahanan selama 10 bulan," ujar Seini Moukaila, kader partai Gerakan Demokrasi Niger, kepada awak media.

Mereka ditangkap pada 14 November tahun lalu setelah terjadi bentrokan antara aparat keamanan dan aktivis partai yang berkumpul di bandara untuk menyambut kedatangan Amadou dari pengasingan di Prancis.

Amadou juga ditangkap saat menuruni pesawat pada hari yang sama.

Empat hari menjelang pemilu presiden putaran kedua pada 20 Maret, Amadou kembali ke Prancis untuk menjalani perawatan medis dan belum kembali ke negaranya.

Kuasa hukum para politikus oposisi mengatakan kasus hukum yang mereka alami bermotif politik, demikian dikutip dari laporan AFP.  (ab/)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016