Lagos (ANTARA News) - Presiden Nigeria Muhammadu Buhari menuai kritik setelah mengakui bahga bagian dari pidato terbarunya yang bertajuk "Change Begins With Me" menjiplak pidato kemenangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada 2008.

Buhari pada bulan ini mengumumkan inisiatif sosial yang mengimbau rakyat Nigeria untuk berhenti menyuap dan mengacaukan program untuk melanjutkan "perangnya melawan ketidakdisiplinan" yang diluncurkan saat ia menjabat sebagai penguasa militer pada 1980-an.

"Kita harus menahan godaan untuk tidak jatuh kembali pada keberpihakan, kepicikan dan ketidakdewasaan yang sudah lama meracuni negara kita," kata Buhari dalam sebuah upacara yang digelar di ibu kota Abuja.

Kantor kepresidenan terpaksa mengeluarkan pernyataan pada Jumat malam yang mengakui bahwa bagian itu diambil dari pidato Obama.

"Pihak kepresidenan mengamati bahwa kesamaan di sebuah paragraf dengan pidato kemenangan Presiden Obama pada 2008... terlalu mirip untuk bisa dikatakan sebagai kebetulan," kata juru bicara kepresidenan Garba Shehu dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan AFP, Minggu.

Ia menambahkan bahwa penulis pidato akan menghadapi "sanksi yang sesuai".

Kritikus mempertanyakan apakah Buhari membaca pidatonya sebelum menyampaikannya dan khawatir bahwa insiden tersebut menodai citra Nigeria di luar negeri saat para pemimpin internasional mempersiapkan diri untuk berkumpul di Sidang Majelis Umum PBB di New York. (mr)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016